Dua Pelaku Utama Pencurian 52 Tabung LPG Diburu

DITANGKAP: PD alias Padli (50) dan SH alias Hadi (20) diamankan di Polsek Narmada. (IST FOR RADAR LOMBOK )

MATARAM – Dua pelaku utama pencurian 52 tabung LPG 3 kg di gudang PT Putra Harapan Makmur yang berada di Dusun Darmasabe, Desa Keru, Kecamatan Narmada, Lombok Barat (Lobar) masih diburu polisi.

“Dua pelaku sudah kami tangkap. Dua pelaku yang masih buron ini pelaku utama,” ucap Kapolsek Narmada AKP Ahmad Majmuk kepada Radar Lombok, Kamis (4/7).

Dua pelaku yang sudah ditangkap itu berinisial PD alias Padli (50) asal Dusun Beson, Desa Bakan dan SH alias Hadi (20) warga Dusun Lendang Nangka, Desa Bakan, Kecamatan Janapria, Loteng. Keduanya ditangkap di rumahnya masing-masing pada Selasa dini hari (2/7), sekitar pukul 03.00 WITA.

Sedangkan dua pelaku yang masih buron juga berasal dari Loteng. “Semua pelaku berasal dari Loteng. Dua pelaku (yang masih buron) indikasi ke luar daerah belum. Masih kami pantau,” katanya.

Pencurian itu terjadi pada Rabu (26/6) lalu sekitar pukul 02.00 WITA. Pelaku menjalankan aksinya dengan membawa mobil pikap berwarna hitam dengan cara menabrak pintu gerbang gudang yang terbuat dari besi. “Penjaga malam gudang sempat melawan, namun salah satu pelaku melempar tabung LPG ke arah penjaga malam itu,” sebutnya.

Baca Juga :  Otak Perampokan Sadis di Loteng Ditembak

Pelaku bergegas mengambil tabung LPG yang ada di bak truk milik PT Putra Harapan Makmur. Para pelaku berhasil menggondol sebanyak 52 buah tabung LPG dan langsung melarikan diri. “Korban mengalami kerugian Rp 8,3 juta,” katanya.

Saat menjalankan aksinya, salah satu tas milik pelaku tertinggal. Tas selempang merek Friedly itu berisikan HP Oppo, Samsung dan Nokia 105, dan 2 obeng serta satu senter kecil. “Dalam tas itu juga ada satu ketapel beserta kelereng,” ungkapnya.

Berdasarkan penelusuran, identitas pelaku berhasil dikantongi dan 2 dari 4 pelaku sudah diamankan. Untuk tabung LPG yang dicuri pelaku sudah dijual. Namun ke mana dan berapa harga jual tabung LPG tersebut belum diketahui. “Masih kami kembangkan, karena yang kami amankan dua ini bukan pelaku utama. Ada dua pelaku lain yang menjual dan masih kita kejar,” ujarnya.

Baca Juga :  Polisi Ringkus Pembobol SMP IT Kelayu

Pelaku tidak hanya mencuri tabung LPG. Beberapa waktu lalu juga pernah mencuri gabah. Untuk lokasi dan kapan pencurian gabah itu tidak disebutkan rinci. “Mereka pernah mencuri gabah, hanya saja masih belum kita dalami. Kami masih fokus dulu untuk kembangkan dua pelaku lain,” katanya.

Kedua pelaku yang sudah ditangkap kini diamankan di Polsek Narmada untuk proses hukum dan penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 363 ayat (1) ke-3, ke-4 dan ke-5 KUHP. “Pelaku sudah kami amankan di Polsek Narmada,” pungkasnya. (sid)

Komentar Anda