Dua Investor Nasional Minati Lahan PT GNE

MATARAM—Direktur Utama (Dirut) PT Gerbang NTB Emas (GNE), H. Sahdan Ilyas menyebut saat ini ada dua investor nasional yang menawarkan untuk memanfaatkan lahan kantor dan produksi GNE untuk dijadikan hotel dan pusat perbelanjaan.

“Saya mendapatkan proposal penawaran dari dua investor yang menawar lahan PT GNE ini untuk dijadikan hotel dan supermarket,” kata Sahdan Ilyas di Mataram, Jum’at (16/9).

Menurut Sahdan, kedua perusahaan nasional yang berminat memanfaatkan lahan kantor dan produksi PT GNE di Sweta tersebut adalah Transmart dan Ramayana. Salah satu dari dua perusahaan nasional tersebut sudah mengajukan proposal penawaran kepada pihak PT GNE.

Hanya saja, sampai saat ini, Sahdan mengakui belum membahas secara spesifik masalah proposal penawaran dari Transmart yang merupakan salah satu perusahaan milik dari Chairul Tanjung, pemilik Trans Corp Grup tersebut. “Proposal perusahaan yang berminat memanfaatkan lahan suda ada, tapi belum kami bahas,” kata Sahdan.

PT GNE salah satu perusahaan daerah (perusda) NTB yang berkantor di Sweta, Kecamatan Sandubaya tersebut memiliki luas lahan 2 hektar, tepatnya di depan Polsek Cakranegara. Saat ini lahan seluas 2 hektar tersebut dimanfaatkan sebagai Kantor PT GNE, dan juga sebagai pusat produksi beton dan paving blok. Termasuk juga sebagai tempat pabrik assembling untuk las alat berat dan kendaraan roda empat.

Sahdan menyebut saat ini total aset yang dikelola oleh PT GNE mencapai Rp 43 miliar lebih. Dari jumlah itu, sekitar Rp 20 miliar lebih merupakan nilai aset khusus untuk lahan seluas 2 hektar.

Jika nantinya lahan seluas 2 hektar milik Perusda PT GNE tersebut disepakati dimanfaatkan oleh perusahaan nasional dengan jangka waktu tertentu, maka salah satu alternatif PT GNE akan berkantor di kawasan Rumah Potong Hewan (RPH) Banyumulek, Lombok Barat. Namun sampai saat ini, jajaran direksi PT GNE belum memberikan jawaban pasti akan keinginan dari kedua investor tersebut.

Salah satu dari kedua perusahaan tersebut, yakni Transmart saat ini sedang membangun supermarket yang letaknya berdekatan dengan lahan kantor PT GNE di Sweta tersebut. Perusahaan Transmart selain membangun supermarket, juga akan dikombinasikan dengan pusat permainan dan hiburan. (luk)