Dua Helikopter Basarnas Disiapkan untuk Evakuasi Udara Pembalap MotoGP

Helikopter Basarnas disiapkan untuk mengamankan MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Dua unit helikopter milik Basarnas, HR-3606 dan HR-3604 telah tiba di helipad Medical Center Sirkuit Mandalika pada Kamis (17/3/2022) siang.

Didatangkannya sarana SAR udara ini dalam rangka mendukung penyelenggaraan event MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH saat memantau langsung kedatangan helikopter Basarnas.

“Helikopter ini kami gunakan untuk antisipasi jika ada pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan evakuasi medis udara,” ungkap Nanang, Jumat (18/3/2022) dalam rilisnya.

Baca Juga :  Tiket MotoGP Mandalika 2022 Mulai Dijual, Bisa Dibeli di Alfamart dan Indomaret

Nantinya pembalap yang mengalami kecelakaan tersebut akan dievakuasi dari sirkuit menggunakan ambulans. Selanjunya, jika kondisinya kritis atau membutuhkan penanganan khusus akan dievakuasi melalui udara menggunakan helikopter Basarnas menuju Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB. Di luar itu, akan ditangani di Medical Center Sirkuit Mandalika.

Baca Juga :  Para Pembalap MotoGP 2022 Bangga Bertemu Presiden Jokowi

Nanang juga mengatakan, tidak hanya untuk pembalap saja, pengamanan juga dilakukan di luar tier 1 (area sirkuit), sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan yang menimpa penonton maupun warga. Sehingga ratusan personel Basarnas disiagakan selama MotoGP berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

“Kru helikopter ada 11 orang dan 133 personel yang ada di luar tier 1,” katanya. (RL)

Komentar Anda