Dua Ekor Sapi Warga Desa Jago Dicuri

DITEMUKAN: Sapi milik warga Desa Jago yang sempat hilang saat ditemukan oleh warga, Rabu kemarin (6/10). (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYAAksi pencurian hewan ternak kembali terjadi dan semakin meresahkan masyarakat di wilayah hukum Polres Lombok Tengah. Kali ini pencurian hewan ternak jenis sapi  dialami H Suratman, 56 tahun, warga Desa Jago, Kecamatan Praya. Dua sapi miliknya digondol maling sekitar pukul 4.30 Wita, Rabu (6/10).

Beruntung sapi tersebut berhasil ditemukan kembali warga setelah ditinggal para pencuri. Dua ekor sapi milik korban itu ditemukan warga di lokasi yang berbeda, satu ekor di antaranya ditemukan di Desa Puyung dan satunya lagi ditemukan di Desa Gemel. Setelah ditemukan kemudian  kedua sapi tersebut  langsung diserahkan kepada pemiliknya.

Salah seorang warga Desa Jago yang juga keponakan H Suratman, Riki Aditya menuturkan, setelah sapi tersebut diketahui hilang dari kandangnya. Warga kemudian langsung beramai-ramai mengejar pencurinya. Setelah menelusuri berbagai lokasi akhirnya kedua sapi tersebut berhasil ditemukan warga. “Kedua sapi tersebut tadi pagi sudah ditemukan di lokasi yang berbeda-beda, tadi menjelang subuh itu dia hilang tapi langsung dicari dan ditemukan warga. Sekarang sapinya sudah kembali dua- duanya,” ungkap Riki Aditya, Rabu (6/10).

Baca Juga :  64 Pengurus PMI Kecamatan Dilantik

Ia menceritakan, pencurian itu diketahui korban pagi hari sekitar pukul 05.00 Wita saat bangun untuk melaksanakan salat Subuh. Setelah mengecek sapinya tidak ada di kandang atau hilang dicuri. Korban kemudian meminta tolong kepada warga dan mencari sambil mengikuti jejak kaki sapi yang sempat dibawa kabur. “Jadi sapi itu diketahui hilang menjelang subuh itu, terus warga melakukan pencarian,” terangnya.

Kapolsek Jonggat IPTU Bambang Sutrisno ketika dikonfirmasi membenarkan dua sapi milik korban ini ditemukan warga Desa Puyung dan di Desa Gemel pagi hari. Sapi yang ditemukan itu telah diserahkan kepada pemiliknya. “Jadi korban tahu sapinya hilang saat mau salat Subuh. Kita imbau warga tetap waspada supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Memang sempat dicuri, namun telah ditemukan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Perbup Pilkades Amburadul, SE Bupati Terancam Mandul

Petugas yang menerima laporan tersebut juga langsung turun ke lokasi. Salah satunya mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) penemuan satu ekor sapi jenis  semental di tengah parit di Dusun Kerembeng Desa Puyung yang hilang. Setelah ditelusuri sapi tersebut ternyata milik H Suratman yang merupakan warga Desa Jago, Kecamatan Praya. “Sapi ini tadi malam hilang di kandang miliknya sendiri di rumahnya. Sekarang sapi tersebut dibawa ke rumah Kadus Kerembeng oleh warga. Baru kemudian diserahkan ke pemiliknya H Suratman dengan disaksikan Kadus Kerembeng Husin bersama warga yang turun mencari,” terangnya. (met)