Dua Desa Diterjang Puting Beliung

GIRI MENANG-Angin puting beliung menerjang dua desa di dua kecamatan yakni Dusun Bakong Dasan Desa Lembar Kecamatan Lembar dan Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung sekitar pukul 14.30 Wita, Kamis (12/5). Angin membuat puluhan rumah warga rusak. Seorang warga bahkan mengalami luka-luka.

Kades Lembar Kecamatan Lembar, Sainah, kepada wartawan di lokasi kejadian menjelaskan, angin datang dari barat bersamaan dengan turunnya hujan. Ada puluhan rumah warga di dusun ini yang terkena terjangan angin. Ia mengakui Dusun Bakong Dasan kerap menjadi korban angin. Namun kali ini dampaknya cukup parah. 

Kejadian ini juga mendapat perhatian Camat Lembar Suhaili yang langsung turun ke lokasi. Ia mengupayakan warga yang menjadi korban ditangani secepatnya. Baru setelah itu diusulkan untuk perbaikan rumah mereka.

Dari catatan yang ada, angin membuat salah seorang warga setempat, Papuq Perdi, mengalami luka di bagian kaki. Lelaki tua ini sedang duduk di berugaq saat angin datang. Ia langsung terjatuh. 

Salah satu rumah yang rusak diterjang angin adalah milik Semah (70). Rumah perempuan tua ini baru saja selesai direhab melalui program rumah kumuh. Saat koran ini menemuinya, ia terlihat tengah membersihkan sisa-sisa bangunannya yang roboh. Saat kejadian ia lari keluar rumah menyelamatkan diri. “ Kalau tidak lari, saya tertimpa,” ungkapnya.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Lombok Barat Tohri membenarkan kejadian ini. Pihaknya yang mendapatkan informasi langsung turun melakukan penanganan korban. Kejadian yang sama juga terdapat di Dusun Gubuk Raden Desa Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung sekitar pukul 15.00 Wita. Namun di sini tidak separah di Desa Lembar. Ada kandang ayam warga yang rusak. Di Lembar sendiri ada 44 unit rumah yang rusak, terdiri dari 23 unit rusak ringan, 21 unit rusak rusak sedang dan 1 unit rusak berat. BPBD tidak mendapat laporan ada korban jiwa.“ Kami menurunkan 20 personil tim siaga bencana daerah,” jelasnya.(flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid