Dua Calon Sekda Tersingkir

illustrasi

MATARAM – Wali Kota Mataram akan segera mengumumkan nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram pengganti H Effendi Eko Saswito. Meski belum resmi dikeluarkan, namun desas-desus nama yang telah dipilih wali kota sudah berhembus keluar. Mengingat, kedapnya informasi tentang nama sekda baru tak jauh-jauh dari tiga nama calon yang telah menang dalam seleksi.

Dari sumber informasi terpercaya yang didapatkan Radar Lombok, nama sekda baru bahkan sudah dipilih wali kota, tinggal menunggu waktu pengumuman saja. Dari tiga calon sekda yang telah lulus seleksi, nama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Miftahurrahman dan Asisten I Lalu Martawang dikabarkan sudah tersingkir. ‘’Jadi sekda itu sudah jelas. Siapa lagi kalau bukan Pak Alwan,’’ ungkap sumber terpercaya Radar Lombok yang tak bersedia namanya disebut, Kamis (8/6).

Asisten II Lalu Alwan Basri dikabarkan akan menduduki kursi Sekda Kota Mataram selanjutnya. Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dikabarkan telah memilih nama Lalu Alwan Basri setelah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya kencang lobi-lobi yang dilakukan Lalu Alwan Basri dan jejaringnya. Mengingat, koneksi Lalu Alwan Basri sudah jelas dan bukan orang sembarangan.

Baca Juga :  Biaya Rp 1,6 Miliar, Fasilitas Wisata Gunung Sasak tak Terurus

Plt Sekda Kota Mataram, Hj Baiq Evi Ganevia yang dikonfirmasi mengenai nama Lalu Alwan Basri memilih jawaban diplomatis. Dia mengaku, untuk seleksi tahapan sudah dilakukan pansel dan nama-anam sudah diserahkan ke Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sebagai pembina kepengawaian. ‘’Tunggu saja dalam waktu dekat ini dan dipastikan tidak terlalu lama,’’ katanya kepada Radar Lombok.

Untuk pelantikan Alwan sendiri bahkan sudah dipersiapkan, tinggal menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) saja. Untuk soalan ini, Evi menyebutkan, untuk rekomendasi ke KASN sudah diserahkan BKPSDM untuk siapa nama yang akan ditetapkan menjadi calon sekda yang bakal dilantik nantinya. ‘’BKPSDM sudah melakukan koordinasi sejak usai pansel,’’ ujar Evi.

Baca Juga :  OPD di Kota Mataram Terancam Tidak Terima TPP

Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Abd Rachman mengatakan, siapapun yang terpilih dari tiga kandidat merupakan salah satu pilihan terbaik. Intinya, kekosongan jabatan untuk esleon II jangan sampai terlalu lama. Seperti jabatan sekda sebagai salah satu ujung tombak dalam pembangunan dan program di Kota Mataram. ‘’Kita harapkan segera terisi dan tidak terlalu lama kosong,’’ harapnya.

Berikutnya juga dengan jabatan eselon II lainya, seperti Kadis Koperasi Perindustrian dan UMKM,Staf Ahli, serta beberapa pejabat esleon II yang bakal memasuki purna tugas tahun ini. Bisa dipercepat pengisinnya, karena tahun 2024 mendatang merupakan tahun politik menjelang pilkada dan pileg. ‘’Semua yang kosong bisa cepat terisi karena tahun 2024 sudah masuk tahapan pilkada,’’ singkatnya. (dir)

Komentar Anda