Dua Bulan Berlatih di Belanda

Ilustrasi Berlatih

JAKARTA – Persiapan pelatnas sepeda menuju SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 menjadi perhatian penting PB ISSI. Sebelumnya, try out sudah dijalankan PB ISSI dengan menurunkan sejumlah atlet di kejuaraan Asia BMX ataupun road race.

Kali ini, PB ISSI mengirimkan tiga pembalap pelatnas putri ke Belanda untuk menjalani pemusatan latihan selama dua bulan ke depan. Mereka yakni Magfirotika Marenda dari nomor road race, Ayustina Delia Priatna dan Liontin Evangelina dari nomor track endurance. 

Kebijakan tersebut diharapkan bisa mendongkrak performa para cyclist putri di SEA Games 2017. Sebab, persaingan di multievent Asia Tenggara itu masih cukup berat buat pembalap tanah air. Budi Saputra, manajer pelatnas Indonesia menjelaskan bahwa PB ISSI memang berkomitmen untuk mendorong pembinaan pembalap Indonesia.

”Harapannya, dengan pemusatan latihan di sana, mereka bisa tampil lebih maksimal di SEA Games,” urai Budi kepada Jawa Pos. Dengan kesempatan yang ada, PB ISSI masih punya waktu untuk bisa memaksimalkan mereka.

Meski demikian, belum ada jadwal pasti terkait event yang bakal diikuti tiga pembalap tersebut di Belanda. Pemilihan TC di Negeri Kincir Angin karena faktor teknis. Budi menjelaskan, tim pelatih yang ikut serta Henry Setiawan diharapkan bisa sharing ilmu kepelatihan dengan tim yang ada di Belanda.

Sementara itu, Raja Sapta Oktohari, Ketua PB ISSI menerangkan bahwa langkah yang diambil timnya merupakan bentuk keseriusan menghadapi multievent bergengsi SEA Games dan Asian Games. ”Saya sudah berkoordinasi dengan tim pelatih, akan berupaya memberikan dukungan penuh untuk peningkatan prestasi atlet,” sebutnya. (nap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid