Dua Atlet Atletik NTB Lolos Limit SEA Games Kamboja 2023

LOLOS LIMIT : Lalu M Zohri dinyatakan lolos limit SEA Games Kamboja setelah melalui rangkaian kualifikasi Invitasi Atletik Nasional belum lama ini, di Stadion Madya GBK. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dua atlet Atletik andalan NTB dinyatakan berhasil lolos limit SEA Games Kamboja 2023. Keduanya dinyatakan lolos setelah berhasil menuntaskan Invitasi Atletik Nasional belum lama ini, di Stadion Madya GBK.

“Sementara ini baru dua atlet kita yang lolos limit SEA Games 2023. Invitasi Atletik ini kualifikasi perdana yang diselenggarakan PB PASI,” kata Wakil Ketua Pengprov PASI NTB Ridwan, Rabu (18/1).

Dijelaskannya, dua atlet yang lolos limit SEA Games 2023 itu adalah Lalu Muhammad Zohri nomor 100 meter putra dengan catatan waktu 10.17. Sementara Limit Sea Games berada di angka 10.30. Kemudian atlet kedua yang lolos limit adalah Sapwaturrahman di nomor lompat jauh putra. Safwa dinyatakan berhasil tembus limit setelah melompat sejauh 7.94m, melewati Limit Sea Games sejauh 7.60m.

Baca Juga :  Sukses Finish Pertama, Yad Bakal Diboyong Latihan di Australia

Menurut Ridwan, dengan lolosnya kedua atlet andalan NTB ini dipastikan bakal menjadi angin segar. Terlebih keduanya lolos limit di saat kualifikasi perdana yang di selenggarakan PB PASI. Artinya setelah adanya tiket menuju SEA Games 2023, tinggal bagaimana program Pelatnas menggodoknya kedepan.

Tidak hanya lolos limit SEA Games, keduanya juga dipastikan secara otomatis lolos limit PON Aceh-Sumut. Karena untuk Limit PON Aceh-Sumut diangka 10.73, sementara catatan waktu Lalu Zohri yang di nomor 100 m putra diangka 10.17. Begitu juga dengan Sapwaturrahman lompatannya sejauh 7.94m, sementara Limit PON Aceh-Sumut sejauh 7.00m.

Baca Juga :  Terkendala Izin, Liga 3 NTB Kembali Batal Bergulir

“Dua atlet kita ini sudah otomatis lolos limit PON Aceh-Sumut,” ujarnya.

Kendati demikian, lantaran ini kualifikasi perdana, kesempatan untuk tembus limit di nomor yang lain juga masih terbuka. Misalnya untuk Lalu Zohri, ada nomor 200 meter putra, dan estafet yang masih dikejar limitnya pada ajang PON Aceh-Sumut 2024.

Begitu juga dengan sosok Safwa, sementara ini kualifikasi lompat jangkit yang menjadi nomor keduanya belum dituntaskan. Karena belum adanya kualifikasi, sehingga para atlet diminta tetap persiapkan diri agar banyak nomor tempatnya lolos limit.

“Yang jelas seluruh atlet harus persiapkan diri. Proses kualifikasi masih akan berlangsung setiap bulan,” tutupnya. (rie)

Komentar Anda