Dramatis! Evakuasi Jenazah Papuq Srinatih di Sikur Lombok Timur

EVAKUASI: Petugas kepolisian dibantu TNI mengevakuasi jenazah Papuq Srinatih (75) yang ditemukan di saluran irigasi Dusun Kebon Pancor, Desa Sikur, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (20/2/2021). (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG–Sabtu (20/2/2021) pagi ini, sekitar pukul 06.15 WITA, warga Dusun Kebon Pancor, Desa Sikur, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur dikagetkan dengan penemuan jenazah, yang diketahui bernama Papuq Srinatih (75) warga Dusun Wengkang, Desa Loyok, Kecamatan Sikur.

Jenazahnya ditemukan tengkurap di salah satu saluran irigasi yang berada di Dusun Kebon Pancor. Diduga hanyut dan tersangkut di saluran irigasi setempat.

Kapolsek Sikur AKP Ery Armunanto mengatakan, jenazah ditemukan pertama kali oleh Salni (24), warga setempat yang sedang menggendong anaknya. Tanpa sengaja saksi melihat ke saluran irigasi yang cukup deras dan melihat jenazah tersebut.

Setelah itu, saksi langsung melaporkan kejadian pada Bhabinkamtibmas Desa yang kemudian diteruskan ke Polsek. Setelah mendapatkan informasi itu, Polisi langsung ke TKP untuk mengamankan dan melaksanakan evakuasi bersama Bhabinsa setempat, serta di-backup unit identifikasi Polres Lombok Timur.

Proses evakuasi di saluran irigasi yang cukup deras itu pun berlangsung lancar. “Didapatkan informasi bahwa korban selama ini dalam keadaan cacat fisik yaitu mata rabun dan kesulitan berjalan karena faktor usia,” ungkap Ery.

Menurut keterangan keluarga juga, korban memiliki kebiasaan setiap pagi berwudu untuk Salat Subuh di dekat saluran irigasi yang tidak jauh dari rumahnya. Jarak tempat korban mengambil air wudu dengan saluran irigasi tempat jenazahnya ditemukan sekitar 1 KM. “Tidak ada tanda-tanda kekerasan yang ditemukan di tubuh korban. Korban meninggal bukan karena covid 19. Pihak keluarga korban menolak dilakukan outopsi dan menerima kematian korban sebagai musibah,” tandasnya. (wan)