Drainase tak Berfungsi, Jalan Sriwijaya Tergenang

TERGENANG : Kendaraan menerobos genangan air yang berada di depan pintu masuk Lombok Epicentrum Mall di Jalan Sriwijaya kemarin (Fahmy/ Radar Lombok)

MATARAM-Hujan deras yang mengguyur Kota Mataram Sabtu (19/11) mengakibatkan beberapa ruas jalan utama tergenang. Air juga merendam rumah warga yang ada di komplek Perumahan Tanah Haji. Genangan air disebabkan oleh tidak berfungsinya drainase yang baru-baru ini selesai dikerjakan.” Drainasenya tidak berfungsi dengan baik,” ungkap Bambang Mei, Direktur M16 yang kantornya ikut terendam air saat diwawancarai kemarin (20/11).

Genangan terjadi karena masih kurangnya kesadaran warga menjaga kebersihan. Banyak warga yang suka membuang sampah di saluran akibatnya saluran menjadi dangkal dan tersumbat. Untuk itu budaya gotong-royong perlu digiatkan.”Kaling berhak memberikan sanksi kepada warga yang tidak mau diajak gotong-royong,” ungkapnya.

Cara-cara yang bersifat memaksa pada saat ini jauh lebih bermanfaat ketimbang mendahulukan prsoses edukasi.”Cara praktis ya warga harus dipaksa dan diberikan efek jera,” ungkapnya.

Selain itu Pemkot Mataram perlu memperluas ruang terbuka hijau sebagai area resapan air. Warga yang tinggal di Perumahan Tanah Haji menuturkan kejadian seperti ini sudah sering terjadi, namun sampai saat ini tidak ada solusi dari pemerintah. Kalau sudah terjadi genangan seperti ini bisa  terjadi sampai berjam-jam.”Kemarin genangannya kurang lebih selama empat jam.” Ungkap salah seorang warga, Christin.

Memang tidak ada kerugian, tapi dikhawatirkan kalau terus dibiarkan akan mengakibatkan mudarat yang lebih besar.”Belum ada yang rusak, tapi rumah kami terendam,” ungkapnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid