Dr Djumardin Siapkan Kepemimpinan ‘Sejawat’

Dr H Djumardin, SH.,M.Hum (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK )

MATARAM  – Calon Rektor Universitas Mataram (Unram) nomor urut 3 Dr H Djumardin berjanji akan menjadikan Unram unggul dan berdaya saing internasional.  Hal tersebut sesuai dengan visi besar Unram periode III (2021 – 2025), merupakan periode “Internasionalisasi Unram” dalam rangka penguatan daya saing Unram di tingkat internasional. Visi Unram menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025.

Sejalan dengan Visi Unram 2025 yang telah disahkan oleh Senat Universitas Mataram, maka misi yang diemban dalam mewujudkan visi tersebut, diantaranya,  melaksanakan proses pendidikan tinggi berstandar mutu nasional dan internasional yang berbasis riset yang kuat dalam rangka untuk menghasilkan sumberdaya manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki kompetensi dalam bidang bidangnya, dan berwawasan global.

“Saya mengusung visi menjadikan Unram unggul dan berdaya saing internasional,”  ungkap calon rektor Unram Dr H Djumardin beberapa waktu lalu.

Disampaikannya, terwujudnya visi Unram untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025 dengan mengimplementasikan kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM) dan capaian indikator kinerja utama (IKU). Selain itu, jika nantinya terpilih menjadi Rektor Unram, prinsip Kepemimpinan yang akan dilakukan dalam rangka mewujudkan tata kelola universitas yang baik (Good University Governance), maka prinsip kepemimpinan yang akan dikembangkan yakni “SEJAWAT“.  Sigap (cepat tanggap dan responsif). Empatik (merasakan apa yang dirasakan oleh pihak lain) .  Jujur (menerapkan keterbukaan yang relevan).  Adil (kesetaraan perlakuan). Wajar (menempatkan sesuatu sesuai peruntukan dan porsinya). Akuntabel (Dapat dipertanggungjawabkan secara Hukum, Etik dan Akademik) dan Terdepan (sebagai pelopor kemajuan dan perubahan) Prinsip kerja ini mewarnai seluruh hirarki kepemimpinan dari tingkat universitas sampai tingkat prodi dan unit di lingkungan Universitas Mataram.

BACA JUGA :  Seragam Gratis 99 Persen Sudah Dimanfaatkan Siswa

Menurutnya, program Kerja Calon Rektor Unram 2022-2026 Pada tataran praktis bangsa Indonesia juga tidak terlepas dari persaingan antar bangsa di satu pihak dan kemitraan dengan bangsa lain di pihak lain. Oleh karena itu, untuk meningkatkan daya saing bangsa dan daya mitra bangsa Indonesia dalam era globalisasi, diperlukan Pendidikan Tinggi yang mampu mewujudkan dharma pendidikan, yaitu menghasilkan intelektual, ilmuwan dan/atau profesional yang berbudaya, kreatif, toleran, demokratis, dan berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran demi kepentingan bangsa dan umat manusia.

BACA JUGA :  Pondok Pesantren Tahfidzuk Qur’an Dibantu Pemkot

Dalam rangka mewujudkan dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, diperlukan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan karya penelitian dalam cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat diabdikan bagi kemaslahatan bangsa, negara, dan umat manusia.

Unram sebagai salah satu PTN di Indonesia berusaha melaksnakan otonomi dengan melakukan reorientasi visi Unram yang dilakukan melalui “Deklarasi Senggigi” yang berhasil merumuskan Visi Unram “Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Berbasis Riset dan Berdaya Saing Internasional Pada Tahun 2025”. Selanjutnya disebut Visi Unram 2025. Untuk menjamin tercapainya Visi Unram ini, maka Misi, tujuan dan sasaran dirumuskan dalam suatu kerangka, yaitu Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Mataram 2011 – 2025.  (adi)