DPRD Lobar Rombak Alat Kelengkapan

HM Nursaid (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG—DPRD Lombok Barat (Lobar) akan melakukan perombakan alat kelengkapan, di antaranya Komisi, Badan Musyawarah, Badan Legislasi Daerah, Badan Anggaran dan Badan Kehormatan.

Wakil Ketua II DPRD Lobar, HM Nursaid menjelaskan, perombakan alat kelengkapan ini sesuai dengan ketentuan yang diatur di dalam tata tertib DPRD Lobar. Di mana jika sudah sudah memasuki 2,5 tahun masa jabatan, dilakukan perombakan alat kelengkapan. “Sekarang kan sudah lebih 2,5 tahun. Jadi perlu kita lakukan perombakan. Rencananya Jumat (20/1) dilakukan pemilihan,” ungkapnya, Kamis (19/1).

Diterangkan Politisi Partai Gerindra ini, setiap fraksi dipersilakan mengajukan nama-nama baru atau lama untuk ditempatkan di alat kelengkapan. Nantinya nama-nama tersebut akan dibacakan di dalam rapat paripurna. Setelah itu, anggota alat kelengkapan akan memilih pimpinan yang terdiri dari Ketua Wakil Ketua dan Sekretaris. “Jadi pemilihannya itu dari, oleh dan untuk anggota,” jelasnya.

[postingan number=3 tag=”rombak”]

Namun diterangkan Nursaid, pemilihan pimpinan sendiri hanya dilakukan pada Komisi, Badan Legislasi Daerah dan Badan Kehormatan. Sementara untuk pimpinan Badan Anggaran dan Badan Kehormatan tidak dilakukan pemilihan, karena bersifat ex-officio atau langsung dijabat Ketua DPRD dan tiga Wakil Ketua DPRD. “Jadi silakan lah Jumat ini para anggota di masing-masing alat kelengkapan berembuk, siapa saja yang akan dijadikan pimpinan,” terangnya.

Diterangkan pula oleh Nursaid, Insya Allah jumlah anggota di masing-masing alat kelengkapan seperti di komisi akan merata, maksimal 11 orang. Sehingga tidak terkesan ada yang lebih banyak dan tidak. Hal tersebut dilakukan agar lebih memaksimalkan kinerja komisi itu sendiri.

Seperti diketahui, jumlah Anggota DPRD Lobar termasuk pimpinan saat ini sebanyak 45 orang. Komisi terbagi menjadi empat. Saat ini Komisi I diketuai M. Zulkarnaen, Wakil Ketua H. L. M. Ismail, Sekretaris Zulfahmi. Komisi II diketuai Adnan, Wakil Ketua Dewa Kayan Sukarsana, Sekretaris Hj. Nurhidayah. Komisi III diketaui H. Istu Arba Abdi Yakti, Wakil Ketua Mariadi, Sekretaris H. Mustafa.

Sementara Komisi IV diketuai Munawir Haris, Wakil Ketua Hj Nurul Adha, Sekretaris Adnan. Kemudian untuk Badan Legislasi Daerah diketuai H. Wahid Syahril dan Badan Kehormatan diketuia Bakti Jaya. Nama-nama pimpinan ini bisa saja berubah atau tetap tergantung kesepakatan anggota di masing-masing alat kelengkapan itu sendiri nantinya. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut