DPO Spesialis Pencuri Rumah Kosong Ditangkap

Ilustrasi Pencuri
Ilustrasi Pencuri

SELONG—Setelah cukup lama berstatus sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO), akhirnya pelarian Musmuliadi, warga Desa Gelanggang, Sakra Timur, Lotim, berakhir sudah. Spesialis pencuri rumah kosong ini berhasil ditangkap pihak kepolisian, Senin kemarin (15/5).

Pengejaran terhadap pelaku, karena yang bersangkutan telah melakukan aksi pencurian dengan menyasar rumah kosong di sejumlah tempat di wilayah Lotim. Ada sekitar tujuh TKP yang telah digasak pelaku bersama rekannya, yang telah lebih dahulu mendekam dibalik jeruji besi.

“Satu orang DPO pelaku pencurian dengan pemberatan yang dilakukan di tujuh TKP di wilayah Sakra telah berhasil ditangkap oleh petugas,” ungkap Kapolres melalui Kasubag Humas Polres Lotim, Iptu I Made Tista kemarin.

Pelaku sebutnya, ditangkap di wilayah Pringgabaya. Saat ditangkap petugas, yang bersangkutan tanpa melakukan perlawanan apapun. Petugas langsung menggeretnya ke Mapolres Lotim untuk diproses lebih lanjut.

“Pelaku ini merupakan spesialias rumah kosong. Sementara barang bukti hasil kejahatan juga telah disita di pengadilan, karena sebelumnya satu rekan pelaku telah ditangkap terlebih dahulu,” lanjut Tista.

Terakhir pelaku bersama rekanya melakukan aksi pencurian di salah satu rumah warga di wilayah Sakra. Modus kejahatanya, pelaku dan satu rekannya beraksi malam hari. Mereka masuk ke rumah korban dengan cara merusak pintu dan jendela, ketika korban sedang tertidur lelap. “Pelaku kemudian mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam rumah,” lanjutnya.

Sebelum dijual, barang hasil kejahatan terlebih dahulu disimpan dirumahnya. Keesokan harinya barang hasil curian di jual ke salah satu penadah yang berada di wilayah Pringgabaya. “Hasil kejahatan itu kemudian dibagi dengan rekannya yang sudah ditangkap,” sebut Tista.

Pelaku saat ini ditahan di Polres Lotim, untuk didalami keterangannya. Karena kemungkinan diduga ada tempat-tempat lainnya yang juga pernah dibobol pelaku. “Pelaku ditahan untuk proses penyidikan dan pengembangan lebih lanjut,” tutup Tista. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid