Dokar Cidomo Listrik Karya SMKN 3 Mataram Mejeng di IEMS 2022

PAMERAN : Gubernur NTB H Zulkieflimansyah berpose bersama Kepala SMKN 3 Mataram, Ruju Rahmad di acara Indonesia Electric Motor Show 2022 yang di adakan di Jakarta Convention Center. ( IST/RADAR LOMBOK )

MATARAM – Dokar Cidomo Listrik (Dolis) karya SMKN 3 Mataram mendapatkan perhatian pada acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC). Mengusung tema ‘Konversi Energi dari Konvensional ke Energi Tenaga Listrik, Cidomo yang sebelumnya berpenggerak tenaga kuda merupakan transportasi tradisional dikonversi menggunakan tenaga listrik yang memiliki kekuatan 1,5 kW dengan daya angkut mencapai 600 kg.

Pada gelaran IEMS 2022 hari kedua, Dolis memukau pengunjung karena diuji coba langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang turut ditumpangi oleh Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan Gubernur Bali I Wayan Koster mengitari area pameran di JCC.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menuturkan Dolis karya SMKN 3 Mataram merupakan sebuah ide terobosan yang tetap berselaras dengan lingkungan, tetapi compatible dengan modernitas, sehingga mampu menjadi solusi kendaraan angkut di wilayah khusus pariwisata NTB.

“Dolis merupakan karya yang melalui proses panjang, dengan trial and eror dan dikembangkan melalui feed back konstruktif untuk menjawab tantangan perubahan yang terakumulasi dari pembelajaran proses” Tutur Gubernur Zul.

Gubernur Zul menyampaikan rasa bangganya atas capaian SDM NTB yang turut meramaikan ajang IEMS 2022 sebagai satu satunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tampil dengan karya kendaraan listrik Dolis nya pada ajang yang bertaraf Nasional itu.

“Dolis karya SMKN 3 Mataram memukau audiance yang hadir pada acara ini, sebuah akumulasi pembelajaran yang panjang dan buah dari kolaborasi bersama PLN,” katanya.

Sementara Kepala sekolah SMKN 3 Mataram, Ruju Rahmad menambahkan siswa SMKN 3 Mataram perlu diperkenalkan tentang kemajuan perkembangan teknologi, pembukaan wawasan, terutama kendaraan listrik, sehingga generasi kedepan sudah siap berkompetisi dan terlibat pada masa kendaraan berbasis listrik atau baterai.

“Cidomo Listrik karya SMKN 3 Mataram memiliki spesifikasi dengan kapasitas motor penggerak 1,5 kW, menggunakan baterai 55 aH, daya angkut mencapai 600 kg dengan kecepatan tempuh 40 – 60 km/jam,” tutupnya. (adi)

Komentar Anda