Ditarget Satu Emas, Panjat Tebing Andalkan Nurul Iqamah

LATIHAN : Inilah saat sosok Nurul Iqamah jajal latihannya di Mataram.(NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Cabang olahraga Panjat Tebing meloloskan 9 atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua 2021. Namun di multi event olahraga nasional itu mereka mengandalkan Nurul Igamah untuk merebut target satu medali emas.

Ketua Harian Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) NTB Adi Hendra Susanto mengatakan target medali Emas melalui atlet asal Kota Bima itu cukup beralasan. Pasalnya Nurul merupakan satu-satunya atlet pernah meraih medali emas di ajang nasional hingga internasional. “Panjat tebing ditargetkan satu medali emas, satu emas kita optimis bisa diraih oleh Nurul Igamah,” ucapnya.

Dalam hal ini Adi mengaku tak bermaksud meremehkan delapan atlet lainya. Namun bila dilihat dari hasil prestasi sembilan atlet di level nasional, Nurul adalah atlet yang bakal mampu mewujudkan target satu medali emas dari cabor panjat tebing.

Alasannya, Nurul yang saat ini menjalani Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Jakarta telah menorehkan prestasi di kancah nasional. Bahkan Nurul berhasil mengharumkan nama Indonesia di level internasional. “Itu diraih setelah sukses merebut medali emas di kelas combine putri dan speed perorangan putri di kejuaraan panjat tebing Asean Championship yang berlangsung di GOR Pakansari, Bogor tahun 2019 lalu,” lanjutnya.

Dengan hasil raihan dua medali Emas di level internasional, Adi optimis Nurul dan kawan-kawan dapat merealisasikan target satu medali emas di pertandingan cabor panjat tebing PON Papua tahun 2021. Bahkan tidak hanya satu emas, namun peluang meraih lebih dari satu emas cukup terbuka. “Bisa saja lebih dari satu kita dapat medali emas,” tutupnya. (rie)