Dispora NTB Dianggarkan Rp 13,7 Miliar

Dispora NTB

MATARAM—Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru di lingkup Pemerintah Provinsi NTB, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) tahun 2017 ini akan dianggarkan Rp 13,7 miliar. Padahal dalam usulan anggaran yang disampaikan menembus angka Rp 22 miliar oleh tim Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Tim Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dispora NTB, Agus Sukmayadi mengatakan, untuk anggaran Dispora NTB yang disetujui Pemprov NTB yakni Rp 13, 7 miliar. Jumlah ini terdiri dari belanja langsung maupun tidak langsung.

“Kita diberikan hanya Rp 13,7 miliar dari usulan Rp 22 miliar,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Sabtu (3/12).

Dari jumlah anggaran sebanyak itu, bebernya, rinciannya akan untuk 3 bidang. Yakni, bidang pemuda, bidang olahraga dan bidang sarana dan prasarana. Untuk bidang pemuda dianggarkan Rp 2,2 miliar, bidang olahraga Rp 3,1 miliar dan bidang sarana dan prasaran Rp 1,3 miliar. Sedangkan sisanya termasuk belanja langsung maupun tidak langsung,’’ paparnya.

Terkait keberadaan OPD baru ini, ujarnya, pihaknya sudah mengusulkan kepada Bidang Pemamfaatan dan Pemindahan Tangan Aset (PPTA) BPKAD NTB mengenai dengan lokasi yang akan ditempati. Namun sejauh ini masih belum ada kepastian lokasi tempat kantor dinas ini.

Sementara terkait program-program yang akan dijalankan Dispora NTB pihaknya sudah menyusun apa saja yang akan dijalankan. Baik itu jangka pendek, menengah maupun panjang.

“Kita sudah susun program-program dispora NTB,’’ ucapnya.

Terpisah, Ketua Komisi V DPRD NTB, Hj Wartiah mengatakan, pembentukan OPD baru ini disebutnya menjadi langkah yang baik untuk memajukan bidang pemuda, olahraga. Dengan begitu, pembinaan diharapkan akan kian terarah.

“Dari dulu kita perjuangkan OPD ini, Alhamdullah 2017 ini sudah terbentuk tinggal dijalankan apa saja program yang telah mereka susun demi kemajuan prestasi maupun pemuda NTB,’’ jelasnya.

Ia juga berharap dengan lahirnya dinas baru ini akan membawa perubahan signifikanbagi kemajuan olahraga dan kepemudaan di NTB.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (Kabid PO) Dikpora NTB, Surya Bahari mengatakan, keberadaan Dispora di masa datang menjadi solusi menunjang prestasi atlet dan pemuda. Dengan OPD baru ini diharapkan pembinaan atlet dan pemuda akan lebih fokus.

Saat OPD ini sudah berjalan, lanjutnya, dipastikan akan mempunyai dampak besar terhadap prestasi atlet dan pemuda. Ini karena sarana dan fasilitas penunjang di kedua bidang itu akan semakin mendukung.

“Besok jika sudah ada Dispora, semua lapangan itu kita upayakan harus berstandar nasional maupun internasional. Kalau sekarang semampu kita dulu,’’ ucapnya.

Dikatakan, keberadaan Dispora mendapat apresiasi positif dari banyak kalangan. Sambutan positif ini diharap mampu dimanfaatkan untuk mendongkrak prestasi olahraga daerah kedepan. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut