Dispenda NTB Perbanyak Layanan Pembayaran Pajak

MATARAM—Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Nusa Tenggara Barat terus melakukan berbagai inovasi untuk menembus target realisasi pajak daerah di tahun 2016. Seperti untuk target pencapaian realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)  dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan.

Kepala Bidang Pajak Daerah Dispenda Provinsi NTB, Ervan Anwar optimis di tahun 2016 ini target pencapaian untuk PKB bisa tembus 100 persen bahkan lebih. Berbagai inovasi terus dilakukan Dispenda NTB untuk memenuhi target yang telah ditentukan yakni sebesar Rp231 miliar.

“Selain mendekatkan layanan, kami juga memperbanyak berbagai layanan untuk mempermudah masyarakat membayar PKB,” kata Ervan Anwar kepada Radar Lombok di Mataram, Rabu (25/5).

Dikatakannya, beberapa layanan untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran PKB sudah berjalan seperti membuka layanan samsat corner di Epicentrum Mall, memaksimalkan peran layanan samsat mobil keliling, hingga memperpanjang jam layanan hingga malam termasuk membuka layanan di hari libur di beberapa tempat. Dalam waktu dekat juga akan membuka layanan samsat corner di Lombok City Center (LCC).

Selain itu, dalam waktu dekat Dispenda NTB juga menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri untuk mengoptimalkan lembaga perbankan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Kerjasama dengan lembaga perbankan ini, Dispenda NTB ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia untuk membayar pajak kendaraan mereka disaat waktu kesibukan mereka tidak sempat datang ke kantor layanan samsat.

“Bahkan pada tahun 2016 ini juga Dispenda NTB akan membentuk layanan samsat Gendong khusus untuk daerah pingggiran yang sulit diakses kendaraan roda empat,” kata Ervan.

Untuk layanan samsat Gendong di tahun 2016 ini, sambung Ervan dihajatkan untuk mejemput bola kepada masyarakat yang berada di daerah pinggira yang lokasinya diatas pegunungan dan sulit diakses kendaraan roda empat. Nantinya untuk samsat Gendong ini akan diberikan fasilitas sepeda motor jenis trail serta laptop dan printer.

Setiap kabupaten di Pulau Sumbawa akan diberikan satu set fasilitas tersebut yang ditangani oleh dua orang yang berasal dari kepolisian dan pegawai Dispenda. “Petugas samsat gendong ini akan mendatangi langsung perkampungan masyarakat yang di pinggiran untuk memberikan layanan samsat PKB,” terangnya.

Sementara itu realisasi pajak daerah dari Januari hingga April 2016 untuk PKB sudah terealisasi Rp81,652 miliar dari target Rp231 miliar, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dari terealisasi Rp100,979 miliar dari target Rp315,069 miliar, realisasi Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) Rp62,353 miliar dari target Rp215 miliar, PAP terealisasi Rp100,445 juta dari target Rp275 juta. Sementara untuk realisasi pajak rokok hingga bulan Maret 2016 mencapai Rp13,723 miliar.

“Berbagai inovasi Dispenda terapkan sebagai upaya meningkatan penarikan pajak kendaraan bermotor dari masyarakat wajib pajak,” pungkasnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid