Dispar NTB Gelar Outbound di Kampung Ekowisata Kerujuk

Tingkatkan Semangat dan Kebersamaan

MENARA KAKI: Salah satu kelompok peserta outbound Dispar NTB terlihat saling bekerjasama, untuk menyelesaikan dengan cepat, dan memenangkan permainan yang dinamakan Menara Kaki. (sigit setyo/radarlombok.co.id)

TANJUNG—Membangkitkan semangat kerja, sekaligus menguatkan kebersamaan, seluruh pegawai dan staf Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, menutup akhir tahun, dengan melakukan kegiatan outbound di Kampung Ekowisata Wisata Kerujuk, Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin kemarin (30/12).

Kegiatan di alam bebas itu dipimpin langsung oleh Kepala Dispar NTB, HL Moh. Faozal, menjajal paket outbound yang ditawarkan oleh pengelola Kampung Ekowisata Kerujuk. “Selain hendak mengenalkan salah satu destinasi wisata kita di Lombok Utara, yaitu Kampung Ekowisata Kerujuk. Sekaligus melalui berbagai permainan dalam outbound yang disuguhkan, diharapkan dapat meningkatkan disiplin dan kebersamaan para pegawai Dispar NTB,” katanya.

Terpenting sambung Faozal, ada terjalin tali silaturahmi diantara para pegawai Dispar NTB dengan para pengelola Kampung Ekowisata Kerujuk, yang selama ini menjadi binaan Dispar NTB. Sehingga dalam menjalankan berbagai program kepariwisataan bisa tepat sasaran, dan saling bersinergi.

Apalagi seperti diketahui bersama, paska bencana gempa yang terjadi tahun 2018 lalu, Kampung Ekowisata Kerujuk sempat lama tidak beroperasi. Karena berbagai sarana dan fasilitas yang ada ikut rusak diguncang gempa.

Saat ini, berbagai fasilitas yang rusak tersebut, masih dalam tahap renovasi. Sehingga para pengelola juga belum maksimal melayani para wisatawan yang datang. Untuk itu, kunjungan rombongan pegawai dan staf Dispar NTB ke Kampung Ekowisata Kerujuk, selain melakukan kegiatan outbound, sekaligus juga hendak memberikan suntikan semangat kepada para pengelola Kampung Ekowisata Kerujuk untuk bangkit kembali.

“Kita harus tetap semangat, tetap bekerja keras, dan tetap bekerjasama untuk bangkit, membangun kembali Desa Wisata Kerujuk dan desa-desa wisata lainnya di Provinsi NTB. Daerah kita ini punya potensi, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Semua potensi itu harus kita manfaatkan dan maksimalkan, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Faozal.

Demikian Ketua Pokdarwis Kerujuk Lestari, Lukmanul Hakim, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dispar NTB, yang selama ini telah membantu mengembangkan potensi wisata yang ada di Dusun Kerujuk.

“Kunjungan rombongan Dispar NTB ini merupakan penghargaan bagi kami, sekaligus dapat menjadi motivasi dan penyemangat pihak pengelola untuk segera menyelesaikan pembangunan berbagai renovasi fasilitas yang ada. Sehingga operasional kepariwisataan di Kerujuk bisa segera normal kembali,” ucap Lukman.

Sementara itu, rombongan pegawai dan staf Dispar NTB, ketika berkesempatan menjajal aneka permainan yang disuguhkan pengelola dalam outbound, tampak sangat menikmati sekali. Dengan dipimpin langsung Kepala Dispar NTB, sekitar 80-an pegawai dan staf kemudian dibagi dalam kelompok-kelompok, untuk selanjutnya mengikuti berbagai permainan yang membutuhkan kerjasama, ketelitian, hingga ketangkasan.

Dengan dipandu Humas Pokdarwis Kerujuk Lestari, Hirwan, seluruh peserta dibawa ke permainan yang cukup menantang adrenalin. Mulai dari opening game, permainan saving bom, transfer air, menara kaki, dan permainan tradisional lainnya, semua diikuti dan diselesaikan cukup cepat oleh para peserta.

“Memang, berbagai permainan yang kami suguhkan ini harus dilakukan sepenuh hati. Mulai dari mendengarkan secara serius arahan pemandu, mengikuti perintah ketua kelompok, dan kerjasama yang baik, sehingga anggota kelompok memiliki semangat untuk menjadi yang terbaik, atau juara,” pungkas Hirwan. (gt)