Disnakeswan Lotim Beli Ribuan Botol Obat PMK

F- OBAT PMK : Ribuan botol obat untuk penanganan PMK yang telah dibeli oleh Disnakeswan Lombok Timur telah datang. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG– Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lombok Timur membeli ribuan botol obat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak. Obat yang telah dibeli itu sudah tiba di Lotim.

Diketahui, penanganan ternak yang terjangkit PMK di Lombok  Timur masih terkendala keterbatasan obat. Kondisi ini mengharuskan petugas kesehatan menggunakan obat yang dibeli secara pribadi untuk penanganan terna. Peternak pun harus mengeluarkan biaya Rp 50 ribu per ekor sapi yang mendapat pengobatan. “ Dalam upaya penanganan PMK ini kita telah membeli sebanyak 2.096 botol obat untuk mengobati ternak sapi yang terjangkit virus ini. Obat tersebut kita beli di luar daerah,” ungkap Kabid Kesehatan Hewan Disnakeswan Lombok Timur, Hultatang, kemarin.

Obat yang dibeli merupakan obat untuk menghilangkan berbagai jenis rasa sakit sakit. Diantaranya obat nyeri pada mulut sapi, cairan semprot pada kaki termasuk juga obat penghilang rasa nyeri lainnya yang disebabkan oleh PMK ini.”Anggaran untuk membeli obat tersebut bersumber dari  dana tidak terduga yang diperuntukkan bagi penanganan PMK. Nilai anggaranya yaitu sebesar Rp 150 juta,” ungkapnya.

Ribuan obat  yang telah didatangkan selanjutnya segera didistribusikan ke semua kecamatan terutama kecamatan yang angka kasus PMK-nya masih sangat tinggi. Proses pendistribusian akan dilakukan melalui masing- masing Unit Pelayanan Teknis Peternakan.” Obat ini dipastikan gratis bukan untuk dibeli,” tandasnya. (lie)