Disnaker tak Punya Data Eks TKI

Ilustrasi TKI
Ilustrasi TKI

GIRI MENANG-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lombok Barat diakui tidak memiliki data rinci tentang jumlah eks TKI di daerah ini.

Kondisi ini diakui Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnaker Lobar Suhaini kemarin. Tidak adanya data membuat pihaknya kesulitan. Seharusnya ada laporan dari Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) ke Disnaker sehingga data rinci bisa didapat.

Suhaini mengungkapkan, Kemenaker memiliki program 2017 untuk meningkatkan produktivitas eks TKI di 100 desa se-Indonesia. Lobar sendiri mendapat jatah dua desa. Hanya saja di desa sendiri tidak terdata juga mantan TKI. Lantas dilakukanlah identifikasi sendiri dan diputuskan agar dua desa yang menjadi jatah Lobar itu diberikan kepada Desa Babussalam dan Desa Bayu Urip yang memang cukup banyak eks TKI-nya. “Jadi kita lakukan identifikasi di dua desa ini dulu. Kita dapatkan masing-masing 20 mantan TKI sehingga total 40 yang akan diberikan pelatihan. Kita sudah datangi juga mereka,” jelasnya.(zul)

BACA JUGA :  5 TKI NTB Dipulangkan Dari Suriah