Diskominfo Bakal Pasang Wifi Gratis

Mujadid Muhas (HERY/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lombok Utara saat ini tengah menyusun draf kerjasama untuk memasang Mango Skype yang berfungsi memberikan layanan wifi gratis di sejumlah pusat keramaian.

Adanya Mango Skype juga akan membantu masyarakat pelosok yang kekurangan sinyal internetan. “Pemasangan mango skype ini salah satu upaya untuk mempermudah akses internet gratis kepada masyarakat di beberapa titik keramain,” terang kabid E-Government Diskominfo Lombok Utara Mujadid Muhas, kemarin.

Mango skype ini juga mengatasi kurangnya sinyal di beberapa titik. “Mango Skype ini untuk mengatasi daerah yang Blank Spot, jika kapasitas pengguna kecil bisa digunakan satelit,” jelasnya.

[postingan number=3 tag=”klu”]

Untuk mempercepat pemasangan, pihaknya tengah menyusun pendraf kerjasama. Setelah rampung maka akan dipasang disejumlah titik. Hal ini pun merupakan salah satu aspek dipasangnya wifi gratis dipusat-pusat keramaian Lombok Utara. “Sebenarnya mango skipe masuk dalam tiga unsure pemasangan wifi gratis, kita masih proses untuk kerjasama,” kata dia.

Menurutnya, Mango Skipe merupakan solusi alternatif yang sifatnya sementara. Sebab, ketika pengguna internet lebih banyak otomatis jangkau mesti diperluas. Oleh karena itu, keberadaan menara provider sangatlah diharapkan oleh Diskominfo. “Iya memang lebih bagus menggunakan menara dari provider karena cakupannya lebih luas tetapi kami masih mengusahakan supaya provider mau membangun menara di titik-titik tersebut,” jelasnya.

Salah satu acuan kepada Provider, yakni dengan mengumpulkan usulan dari kalangan masyarakat bawah yang ditampung oleh pihak Kecamatan. Saat ini sudah ada empat Kecamatan dan tinggal menunggu satu Kecamatan lagi. “Usulan dari Kecamatan ini yang akan dijadikan gambaran oleh provider untuk mengembangkan bisnis menaranya tetapi mesti ditempat-tempat Blank Spot. Karena usulan ini rill dari tingkat bawah, kita masih tunggu satu usulan lagi baru dipaparkan kepada asosiasi providernya,” pungkasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid