Diskominfo Bakal Bangun Jaringan Intra SKPD

Khaerul Anwar (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lombok Utara memiliki target untuk membangun jaringan computer dan terkoneksinya jaringan internet antar SKPD.

Hal ini untuk memudahkan pemerintah daerah melaksanakan pekerjaan dalam laporan keuangan dan urusan surat menyurat. “Kedepan kita akan bangun jaringan komputer dan terkoneksinya jaringan internet antar SKPD. Sehingga bisa mempermudah SKPD dalam hal administrasi,” kata Plt Kepala Diskominfo Lombok Utara, Khaerul Anwar kepada koran ini, Kamis (19/1).

Dalam mempersiapkan target tersebut, pihaknya sudah memiliki master plan bekerjasama dengan perguruan tinggi. Untuk memenuhi semua SKPD memang membutuhkan waktu lama dan anggaran besar, sehingga pihaknya akan melaksanakannya secara bertahap. “Karena, lokasi kantor yang satu dengan lainnya jarak jauh, sehingga membutuhkan anggaran besar,” terangnya.

[postingan number=3 tag=”skpd”]

Setelah adanya jaringan ini, maka pihaknya akan membuat masing-masing aplikasi yang terkoneksi dan mudah dipahami. Jadi, para pegawai tidak perlu menggunakan plesdisk untuk mengambil data, cukup mereka membuka aplikasi tersebut. “Dan ini bisa mengurangi penggunaan kertas, termasuk juga laporan keuangan dengan aplikas SIMDA keuangan,” jelasnya.

Untuk memulai pekerjaan itu, pihaknya akan mengusulka tahun depan. Sebab, di dalam DPA tahun anggaran saat ini belum ada, yang baru ada master plannya. Untuk diketahui, pihaknya belum mengusulkan, karena dinas ini termasuk pecahan dari Dinas Perhubungan. “Sehingga pada tahun ini kita melaksanakan peltihan-pelatihan dan memaksimalkan retribusi tower,” tandasnya.

Tahun kemarin, Diskominfo pada saat masih bergabung sudah melaksanakan pembentukan SIMDA online untuk desa. Sehingga pada tahun selanjutnya akan beranjak ke SKPD. “Dan ini diharapkan juga agar terselenggarannya elektronik government,” pungkasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut