Dishubkominfo Bekali Siswa Program Internet Sehat

MATARAM- Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram gencar melakukan sosialisasi internet sehat dan aman.

Sosialisasi  dilakukan Sejumlah lembaga pendidikan di Kota Mataram  mulai murid Sekolah Dasar (SD), siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) disasar dalam Program sosialisasi internet sehat dan aman (INSAN). Seperti di SMPN 6 Mataram, Sabtu lalu kalangan siswa diberikan sosialisasi internet sehat.

Kabid Informatika Dishubkominfo Kota Mataram Wirajagat, menjelaskan, kemajuan teknologi seperti internet saat ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi kepentingan edukasi, terutama bagi para pelajar. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, internet juga dapat sebagai referensi tambahan disamping buku cetak yang tersedia di sekolah atau perpustakaan.

“Internet saat ini sudah berada digenggaman tangan melalui jaringan ponsel yang rata-rata pelajar saat ini sudah memilikinya, artinya banyak pengetahuan dan wawasan baru yang dapat diakses melalui internet, bukan ke hal-hal negatif,” jelasnya.

Hal ini, untuk mencegah hal-hal negative seperti fecboook, twiter yang digunakan siswa.  Ia juga menambahkan, penggunaan internet secara baik dan sehat, terutama terhadap hal-hal yang bersifat edukatif, dapat membantu siswa dalam belajar dan mengembangkan pengetahuan yang tiada batasnya. “Melalui internet, kita dapat tahu banyak pengetahuan dan wawasan yang tak terbatas. Manfaatkan dengan baik kemajuan teknologi ini untuk belajar,” tambahnya.

Internet, lanjut mantan Sekcam Kecamatan Ampenenan, justru akan merusak moral dan pikiran peserta didik (pelajar) apabila pemanfaatannya menjurus kepada hal-hal negatif. ‘’ jangan sampai ke hal-hal negatif, seperti membuka konten pornografi,’’ pungasnya.

Kepala SMPN 6 Mataram L Marwan M.Pd menambahkan, sosialisasi internet sehat sangat penting bagi kalangan siswa-siswi saat ini.   sosialisasi  internet sehat ini berdampak baik dan positif bagi kemajuan pelajar,’’ katanya.

Mantan kasek SMPN 1 Mataram menghimbau, kalangan siswa untuk menggunakan internet ke hal-hal positif, serta dapat menambah wawasan. Serta prestasi kalangan siswa-siswi, apalagi SMPN 6 mataram salah satu sekolah yang telah menggunakan internet seperti saat Ujian Nasional. ‘’ kita harapkan, siswa menggunakan internet sehat. Jangan sampai  ke hal-hal negatif,’’ pungkasnya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid