Dirjen Dukcapil Berikan 20 Ribu Blangko KTP untuk NTB

GIRI MENANG–Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah antusias mengikuti outbound bersama jajaran Dinas Dukcapil se-NTB di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Sabtu (9/11/2019).

Ia pun menjanjikan semua Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-NTB akan memperoleh ganjaran berupa jatah blangko KTP. “Ada 20 ribu saya siapkan. Setiap kabupaten/kota memperoleh 2 ribu keping. Silakan ambil hari Senin,” ujar Zudan usai acara keakraban api unggun, Sabtu malam.

Blangko tersebut tidak perlu diambil ke kantor kementerian di Jakarta tetapi cukup diambil di Kantor PMD Dukcapil Provinsi NTB di Mataram.

“Silakan masing-masing ambil di Kantor Dukcapil Provinsi,” ujar Zudan.

Untuk itu, Zudan meminta pihak Provinsi NTB untuk pro aktif mengambil ke kantor Dirjen Dukcapil di Jakarta.

“Alhamdulillah bisa mempermudah kami karena tidak perlu sampai ke Jakarta untuk mengambil blangko itu,” ujar salah seorang operator peserta outbound.

Blangko KTP adalah persoalan utama dalam pelayanan cepat pencetakan KTP elektronik. “Ini masalah klasik yang membuat warga tidak bisa cepat memperoleh KTP,” terang Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, H. Muridun.

Pihaknya, aku Muridun, rata-rata hanya bisa memperoleh 500 keping setiap mengambil jatah ke kementerian di Jakarta.

Sebagai jalan keluar, imbuhnya, pihaknya hanya bisa mengeluarkan Surat Keterangan sebagai KTP.

“Tapi fungsinya sama dengan KTP. Bisa dipergunakan untuk segala kebutuhan yang membutuhkan administrasi kependudukan,” ujar Muridun.

Di Lombok Barat sendiri, cakupan pembuatan KTP sudah mencapai 97 persen dari 255 ribu lebih warga wajib KTP. (*)