Direncanakan Pemasangan Seribu PJU

TANJUNG-Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) merencanakan pemasangan seribu Penerangan Jalan Umum (PJU). Hal tersebut menindaklanjuti masih cukup banyaknya tempat yang belum tersentuh PJU dan kondisinya masih gelap. “Sudah dibahas dengan BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) juga saat penyusunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021). Kita rencanakan 1.000 lebih akan dipasang,” ujar Bupati KLU, H Najmul Akhyar, Jumat (12/8).

Menurut Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Regional Bali Nusa Tenggara ini, untuk mewujudkan pemasangan 1.000 PJU, pihaknya akan mencari mekanismenya. Jika nantinya program 1.000 PJU ini mampu di-cover APBD, maka seluruhnya akan menggunakan APBD. Sedangkan jika tidak mampu pihaknya tidak menutup kemungkinan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga semisal memanfaatkan CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan swasta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUPESDM) KLU, Raden Nurjati sendiri mendukung rencana pemasangan 1.000 PJU ini. Jika memungkinkan dalam APBD Perubahan KLU untuk penganggarannya, maka siap dimulai pada APBD Perubahan. “Kita akan lihat kemampuan anggaran di perubahan. Jika memungkinkan, kita akan mulai 2016, kita cicil. Karena kalau sekaligus cukup besar anggaran yang dibutuhkan,” terangnya.

Menurut Nurjati, jika kemampuan anggaran daerah tidak mencukupi, maka tidak menutup kemungkinan daerah akan bekerjasama dengan perusahaan swasta. “Misalnya Bank Mandiri kan sudah ada dana CSR-nya mau masang PJU di Trawangan,” terangya.

Seperti diketahui untuk tahun 2016 berdasarkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Dinas PUPESDM KLU 2016, terdapat lima proyek pemasangan PJU tenaga surya. Diantaranya, proyek PJU Gondang Timur dengan nilai proyek Rp 200 juta, proyek PJU Gondang Timur (Arah Pantai) dengan nilai proyek Rp 200 juta, proyek PJU Lekok dengan nilai proyek Rp 200 juta, proyek PJU Lokok Bengkok Gondang dengan nilai proyek Rp 200 juta dan proyek PJU Santong dengan nilai proyek Rp 100 juta.

Kemudian Pemerintah KLU sendiri berdasarkan data di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) KLU mendapatkan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari PLN mencapai Rp 685 juta lebih. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid