Dinas Tenaga Kerja Gelar Job Fair

Ilustrasi.

MATARAM– Dina Tenaga Kerja Kota Mataram akan menggelar kegiatan job fair. Kegiatan ini akan diikuti oleh banyak perusahaan dan menyediakan sekitar 1.254 lowongan pekerjaan (Loker). Job fair akan berlangsung mulai tanggal 11 hingga 12 Maret mendatang di Mataram Mall.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram H. Saiful Mukmin menjelaskan, jumlah lowongan pekerjaan tersebut diharapkan bisa bertambah. Karena sampai saat ini pendaftaran peserta job fair masih dibuka oleh Dinas Tenaga Kerja. “ Saat ini baru 1. 254 lowongan kerja yang sudah tersedia, jumlah ini bisa saja bertambah,” ungkap Saiful saat ditemui kemarin(1/3).

Ribuan lowongan kerja ini disediakan oleh lebih dari 40 perusahaan. Total baru 37 perusahaan yang sudah menyatakan kesiapan ikut dan menyerahkan data tenaga kerja yang dibutuhkan.” Ini belum lengkap masih ada perusahaan yang belum mendaftar,” tegasnya.

[postingan number=3 tag=”mataram”]

Ia menargetkan bisa menampung sekitar 60 persen pencari kerja dari kegiatan ini. Sebab biasanya pada tahun-tahun sebelumnya setiap ada kegiatan job fair pelamar tidak hanya dari Mataram tetapi dari luar Mataram juga. Pemkot Mataram tetap meminta perusahaan mengutamakan calon pekerja dari Mataram. Memang di satu sisi pemerintah tidak bisa menekan perusahaan. Sebab bagaimanapun perusahaan punya mekanisme rekrutmen. Karena itulah sumber daya manusia Mataram harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing. “ Namanya persaingan para pencari kerja harus menunjukkan keahlian masing-masing,” ungkapnya.

Dinas menekankan agar dalam penerimaan tenaga kerja perusahaan juga tidak boleh membeda-bedakan pelamar normal maupun penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas juga memiliki kualitas dan skill yang tak kalah dengan orang normal.

Dari data tahun 2016, jumlah pencari kerja di Kota Mataram sangat banyak. Data ini bersumber dari Kartu Pencari Kerja atau Kartu Kuning yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja.” Mereka yang minta kartu kuning jelas mereka sedang mencari kerja,”tegasnya.

Sedangkan angka pengangguran di Kota Mataram saat ini masih berada diangka 8.835 orang.  Melalui pelaksanaan job fair ini, upaya menekan angka pengangguran bisa ditekan.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid