Dinas Sosial Gandeng Karang Taruna

KARANG TARUNA: Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil NTB H. Ahsanul Khalik berfoto bersama perwakilan Karang Taruna se-NTB usai workshop kemarin (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM– Sebanyak 70 orang perwakilan Karang Taruna dari kabupaten/kota se-NTB mengikuti workshop selama tiga hari, 28 – 30 November di salah satu hotel di Mataram kemarin.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda NTB H. Rosyiadi Sayuti. Hadir pula Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil H. Ahsanul Khalik.

Pada kesempatan ini Sekda berharap peran Karang Taruna dalam menjawab berbagai tantangan dan masalah sosial semakin ditingkatkan. Sehingga Karang Taruna betul-betul dapat melahirkan generasi pemimpin di masa mendatang.

Dalam workshop ini, para perwakilan pengurus Karang Taruna terlibat dalam pembahasan berbagai problem sosial. Workshop ini melahirkan sejumlah rekomendasi yang ditujukan kepada pemerintah. Ada delapan poin rekomendasi. Diantaranya, Karang Taruna mengharapkan lahirnya sinergitas antara Forum Karang Taruna dengan pemerintah kab/kota dan provinsi. “ Kita minta Karang Taruna terus berperan aktif di masyarakat,” katanya.

BACA JUGA :  Perizinan Terpusat di Dinas PMP2TSP

Ia berharap Karang Taruna dilibatkan dalam program-program pemerintah khususnya yang berkaitan dengan penanganan masalah sosial. Di samping itu Karang Taruna juga merekomendasikan adanya regulasi berupa Peraturan Daerah tentang keorganisasian Karang Taruna.

Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil menyambut positif rekomendasi yang ada. Dimana akan dilakukan formulasi yang tepat untuk menggerakkan potensi Karang Taruna sebagai salah satu pilar sosial. “ Karang Taruna akan didorong untuk  memperbanyak kegiatan-kegiatan sosial. Pemerintah provinsi menyadari kekurangan-kekurangan pembinaan yang dilakukan sehingga ke depan akan diperbaiki sesuai denga kemampuan daerah,” kata Khalik.(dir)