Dinas Lombok Barat Segera Tangani Saluran Irigasi Jebol

Dinas Lombok Barat Segera Tangani Saluran Irigasi Jebol
JEBOL : Debit air sungai yang tinggi beberapa hari terakhir menyebabkan saluran irigasi di Dusun Rambut Petung dan Dusun Pengendan Desa Pelangan Kecamatan Sekotong jebol. (IST FOR RADARLOMBOK)

GIRI MENANG – Saluran irigasi di Dusun Rambut Petung dan Dusun Pengendan Desa Pelangan Kecamatan Sekotong jebol beberapa hari lalu akibat luapan sungai. Terhadap hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Barat I Made Arthadana mengatakan akan segera menindaklanjutinya.

Ia mengaku telah memanggil kontraktor pelaksana pembangunan saluran irigasi tersebut, karena saluran irigasi itu masih dalam tahap pemeliharaan, sehingga masih menjadi kewajiban pemilik proyek tersebut. “Kami sudah panggil pemilik proyek untuk segera menyelesaikan itu. Karena memang masih dalam tahap pemeliharaan,” jelasnya kemarin.

BACA JUGA :  Kades Dilarang Umbar Dukungan ke Balon Bupati di Pilkada Lobar 2018

Mengenai kapan perbaikan itu akan dilakukan, ditegaskan bahwa perbaikan akan dilakukan waktu dekat ini. Dia berharap akhir tahun 2017 ini perbaikan itu sudah selesai. “Itu memang harus ditindaklanjuti. Kalau dibiarkan, akan merembet ke yang lain. Kami akan pastikan lagi ke pemilik proyek tersebut,” terangnya.

Dari hasil pantauan jajarannya, diketahui kondisi saluran irigasi itu memang berada di pinggir kali yang hanya dibatasi tebing. Sehingga kerusakan itu harus segera diperbaiki, jangan sampai merembet kepada yang lain. Karena seperti diketahui pula, beberapa waktu lalu hampir selama dua hari sungai utama di Desa Pelangan meluap. Kendati tak sampai masuk ke perkampungan warga, namun dampaknya cukup mengganggu masyarakat. Selain menutup akses keluar masuk warga, luapan air yang cukup besar itu menghantam tebing pinggir sungai yang berimbas pada jebolnya saluran irigasi yang memang baru saja rampung.(zul)