Dinas Dukcapil Lotim Musnahkan Ratusan KTP Palsu

KTP : Aktivitas pelayanan pembuatan KTP di kantor Dinas Dukcapil Lombok Timur beberapa waktu lalu. (Dok/Radar Lombok)

SELONG – Dinas Dukcapil Lombok Timur mengamankan banyak KTP palsu di tahun 2022. Bentuknya sama dengan KTP resmi yang dicetak dinas.” Selama 2022 ini memang ada ratusan keping KTP palsu yang telah kita sita. Dari segi bentuk KTP palsu ini warnanya lebih terang dan format tulisannya juga lebih kecil,” kata Kabid Pelayanan Kependudukan Dinas Dukcapil Lombok Timur, Saiful Azkari, kemarin.

Sebagian besar lembar KTP palsu juga dilaminating. Begitu pula dengan identitas yang tertera di KTP tersebut juga tidak bisa terbaca di sistem data kependudukan. Pembuat biasanya menggunakan peralatan sederhana dan tinggal meniru bentuk KTP asli.”Dari ratusan keeping KTP palsu ini sebagian besar kita sita di  Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP). Dan itu biasanya KTP yang diajukan oleh masyarakat yang akan  menjadi TKI. Ketika  KTP itu dicek oleh  petugas ternyata tidak terbaca dalam sistem,” imbuhnya.

Baca Juga :  Lawan Covid-19 dengan Suntik Vaksin

Sampai saat ini memang tidak ada sanksi tegas. Ketika ada ditemukan, pihaknya hanya sebatas melakukan penyitaan. Baru setelah itu KTP palsu itu dimusnahkan agar disalahgunakan.” Pemusnahan kita lakukan dengan cara dibakar atau dipotong. Pemilik KTP palsu ini kita minta melakukan perekaman ulang supaya bisa mendapatkan KTP yang asli,” tegasnya.

Baca Juga :  Dua Formasi CPNS di Lotim Sepi Peminat

Di kesempatan itu, ia juga meminta masyarakat yang akan membuat data kependudukan terutama supaya lebih berhati- hati. Mereka diminta mengajukan permohonan KTP dengan datang langsung mengurus sendiri ke pelayanan Dukcapil terdekat tanpa calo.(lie)

Komentar Anda