Dinas Anggarkan Rp 1,9 Miliar untuk Pasar Sindu

PASAR : Banyak bagian Pasar Sindu yang rusak dan butuh perbaikan (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM-Dinas Perdagangan Kota Mataram menyiapkan anggaran sekitar Rp 1.9 miliar untuk pembangunan gedung Pasar Sindu Kecamatan Cakranegara. Anggaran pembangunan pasar tersebut bersumber dari APBD Kota Mataram tahun 2017 dan akan mulai dilaksanakan pembangunannya pada tahun ini.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Lalu Alwan Basri menjelaskan, pembangunan Pasar Sindu oleh Pemkot sudah sepatutnya dilakukan karena saat ini kondisinya sudah parah dan banyak bangunan yang lapuk.”Tahun ini akan mulai dilakukan pembangunan gedungnya,” kata Alwan.

Saat ini rencana pembangunan pasar dalam tahap penyelesaian administrasi dan akan segera ditender melalui LPSE.

Selain Pasar Sindu, beberapa pasar juga akan direvitalisasi, salah satunya Pasar Panglima yang sudah masuk dalam rencana revitalisasi. Ada juga Pasar Cakranegara dan Pasar Mandalika. Khusus untuk Pasar Panglima, rencana revitalisasi sudah diajukan dengan anggaran sekitar Rp 500 juta.

Saat ini Dinas Perdagangan sedang berusaha menjadikan pasar yang ada di Mataram bisa mendapat standar SNI. Saat ini pasar yang akan dipersiapkan untuk menjadi pasar SNI adalah Pasar Dasan Agung.”Sedang kita ajukan untuk bisa mendapatkan SNI,” jelasnya.

Dengan sudah mendapatkan SNI maka nanti akan ada penilaian dari Kementerian Perdagangan terhadap kondisi pasar yang menerapkan standar kesehatan, kebersihan, dan kualitas barang yang dijual.

Sementara itu Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyebut tahun ini sudah ada rencana Pemkot melakukan revitalisasi pasar sekitar 19 pasar, salah satunya Pasar Panglima.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid