Dinamo Bendungan Bakat Monteh Dicuri, PT Brantas Rugi Rp 300 Juta

Dua pemuda Bakat Monteh, Kecamatan Brangrea, Kabupaten Sumbawa Barat diamankan karena diduga mencuri dinamo bendungan. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Tim Puma Polres Sumbawa Barat berhasil mengungkap tindak pidana pencurian dinamo di Bendungan Bakat Monteh di Desa Bakat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat. Total dua terduga maling diamankan yakni IH (20) dan JP (17) warga Desa Bangkat Monteh.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin,S.IK,.M.IP melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi,S.Sos mengatakan, pengamanan dua maling berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/32/III/2022/SPKT/SAT RESKRIM/RES KSB/POLDA NTB.

Diungkapkan, pada Senin (28/2/2022) sekitar pukul 16.00 WITA, salah seorang karyawan PT Brantas naik untuk mengecek gudang mesin dan melakukan dokumentasi. Saat itu gudang dan mesin masih dalam keadaan lengkap seperti biasa.

Kemudian pada Selasa (1/2/2022) sekitar pukul 09.27 WITA, salah seorang karyawan PT Brantas kembali naik untuk melakukan pengecekan gudang mesin tersebut dan menemukan dinamo mesin sudah hilang.

BACA JUGA :  Presiden Kukuhkan 68 Pelajar Jadi Anggota Paskibraka, Dua dari NTB

Setelah itu karyawan tersebut mencoba menghubungi security dan meminta bantuan untuk mencari bagian mesin yang hilang di sekitaran perkampungan dekat bendungan.

“Dan pada saat security tersebut melakukan pencarian, ia menemukan bagian dinamo dari mesin tersebut di salah satu rumah warga di Desa Bangkat Monte dalam keadaan sudah rusak atau dibongkar,” ungkap Eddy Sabtu (5/3/2022).

Atas kejadian tersebut perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp 300 juta dan atas kejadian tersebut pihak perusahaan melaporkan ke Mako Polres Sumbawa Barat pada Selasa (1/3/2022) sekitar pukul 13.35 WITA untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA :  Positif Corona, Pelajar NTB Ini Gagal Kibarkan Bendera Merah Putih di Istana

Tim Puma lalu mendapatkan informasi masyarakat bahwa kedua orang terduga pelaku tindak pidana pencurian dinamo sedang berada di rumahnya di Desa Bangkat Monte.

“Dari informasi tersebut Tim Puma yang dipimpin oleh Katim Puma Polres Sumbawa Barat BRIPKA I Nengah Sumiartha langsung mendatangi rumah kedua terduga pelaku dan benar kedua terduga pelaku berada di rumahnya masing-masing yang rumahnya berhadapan di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat. Dan Tim Puma pun langsung bergegas mengamankan kedua terduga pelaku dan membawanya ke Mako Polres Sumbawa Barat untuk di proses lebih lanjut,” pungkas Eddy. (RL)