Dikpora NTB Prioritaskan Peningkatan Mutu Pendidikan

H Muhammad Suruji (Nasri/Radar Lombok)

MATARAM—Alih kelola pendidikan jenjang sekolah menengah dan SLB semakin dekat. Menyongsong hal itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB kini tengah menyiapkan program yang focus untuk peningkatan mutu.

Kepala Dinas Dikpora NTB, H. Muh. Suruji mengatakan, dalam waktu dekat ini pekerjaan rumah yang dihadapinya dalam pembenahan alih kelola sekolah jenjang menengah adalah persiapan program penunjuang peningkatan kualitas pendidikan. Langkah ini diambil demi menggenjot mutu pendidikan di NTB.

“Program ini akan melibatkan seluruh komponen sekolah untuk dievaluasinya secara besar-besaran,” ungkapnya, Selasa (13/12).

Beberapa program yang akan dilaksanakan pihaknya yakni, akan mengadakan bimbingan teknis. Program lainnyaberupa pembinaan terhadap guru-guru dan pegawai. “Diantaranya seperti kepala sekolah harus dievaluasi kualitas dan kinerjanya agar tidak terjadi manajemen yang terkesan monoton,” sambungnya.

BACA JUGA :  Tiga Problem Klasik Masih Jadi Kendala Dunia Pendidikan

Evaluasi tersebut, bebernya, akan dilakukan secara merata. Dengan langkah ini diharapkan ada keseriusan kinerja komponen yang ada di masing-masing sekolah.

Tidak hanya itu, bahkan pihaknya sudah bersedia akan mengadakan pembinaan teknis secara terbuka terhadap seluruh komponen sekolah yang bersangkutan. Dengan dilakukannya evaluasi dan pengontrolan yang aktif dari program tersebut.

Suruji berharap, semua sekolah semakin sigap dan siap untuk menjalankan apa yang menjadi kewajibannya. Sekolah harus siap menjalankan program yang ditetapkan dinas maupun dari pemerintah pusat.

"Kami tidak muluk-muluk, cukup setelah adanya bimbingan dan memiliki perkembangan, maka kami akan terus meningkatkannya dari segi fasilitas," tutupnya. (cr-rie)