Dikpora NTB Kirim 150 Atlet di Popnas

Surya Bahari (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB memastikan sudah mendata sedikitnya 150 atlet yang akan berlaga dalam Pekan Olahraga Pelajara Nasional (Popnas). Gelaran ini akan dilaksanakan di Jawa Tengah,  September 2017 mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kabid PO) NTB, Surya Bahari mengatakan, atlet sebanyak 150 itu hasil penjaringan yang dilajukan 6 bulan lalu. Semua atlet tersebut dipastikan akan menjadi kontingen NTB.

“Kita sudah siapkan atlet-atlet yang akan berlaga di ajang tersebut,” ungkapnya, Kamis (29/12).

Atlet sebanyak 150 orang itu, sebutnya, hasil penjaringan yang dilakukan di semua cabang olahraga. Namun begitu, masih ada tiga cabor yang masih belum diakomodir. Ketiga cabor itu belum masuk skuad PPLP NTB, yakni tinju, tarung derajat dan karate.

Dikatakan, ketiga cabor ini sangat potensial mendulang medali emas. Ini karena rekam jejak prestasi yang telah ditunjukan masing-masing cabor sangat membanggakan.

BACA JUGA :  Atlet Peraih Medali SEA Games akan Diberi Hadiah

Cabor tinju misalnya, pada Popnas tahun lalu disebutnya sempat menyumbangkan 2 medali emas. Karena itu, cabor ini dipastikan akan segera dipertimbangkan mengisi kontingen NTB.

Pada Popnas nanti, pihaknya telah memasang target terhadap masing-masing cabor. Untuk cabor atletik misalnya, cabor ini ditugaskan minimal meraih 3 medali emas. Sementara cabor pencak silat ditarget 2 medali emas.

Dengan progres hasil latihan atlet selama ini, bebernya, pihaknya mengaku cukup optimis bisa mengamankan target yang telah dipasang. Ditargetkan sebanyak 8 medali emas setidaknya bisa diamankan kontingen NTB.

Di ajang Popnas, ujarnya, akan mempertandingkan 23 cabor. Karena itu, NTB dipastikan mengirim cabor-cabor yang berpotensi menyumbang medali. (cr-adi)