Dikpora NTB Gelar Popda Mei Ini

MATARAM–Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB akan menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) NTB. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar  20-25 Mei.

Kepala Seksi (Kasi) Pemuda dan Olahraga (PO), Dikpora NTB, Hamzanwadi mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat ke 10 kabupaten kota terkait dengan pendelegasian atlet. “Kita sudah bersurat ke kabupaten kota, bahkan kita juga lampirkan cabor yang akan dipertandingkan di Popda,’’ katanya kepada Radar Lombok, Selasa (3/5).

Hamzan (panggilan akrabnya) menjelaskan, Popda ini kegiatan multi event pelajar yang diselenggarakan dua tahunan. Ajang ini sekaligus merupakan gambaran pembinaan prestasi olahraga pelajar di kabupaten/kota dan ini juga sebagai salah satu media untuk mengevaluasi pembinaan prestasi.

Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti antara lain, cabor voli, basket. Selanjutnya, bulutangkis, silat, sepakbola, tenis meja dan tenis lapangan. ‘’Ini adalah upaya kita untuk menjaring atlet yang mempunyi potensi untuk kita turunkan di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil), siapapun itu yang berprestasi di Popda ini akan kita prioritaskan,’’ ucapnya.

Baginya, kejuaraan ini sangat bermanfaat untuk pembibitan dan pembinaan atlet pelajar di NTB. Ajang ini sekaligus dijadikan untuk mencari atlet handal yang akan diturunkan baik event nasional maupun internasional.

Kejuaraan itu dapat dijadikan media nasionalisasi kehidupan berbangsa dan bernegara diantaranya, untuk berkompetisi secara sehat dan sportif. Kemudian ajang seleksi untuk diturunkan di Popwil. Adapun tujuan dari Popda ini yakni, memelihara dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. Kemudian mengukur sejauhmana pembinaan dan prestasi NTB dan sebagai bahan untuk atlet masuk PPLP.

Hamzan juga berharap, dari Popda ini minimal ada tiga sasaran yang harus terpenuhi yakni, sukses penyelenggara, suskes prestasi atlet pelajar NTB dan administrasi lengkap di Popda 2016. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid