Dikpora Mataram Imbau Kasek Proaktif

H Lalu Abdul Hamid (Nasri/Radar Lombok)

MATARAM—Semakin dekatnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hendaknya menjadi atensi jajaran kepala sekolah. UN tahun ini diharapkan meraih hasil yang lebih baik.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, HL Abdul Hamid mengatakan, UN tahun ini hendaknya diperhatikan kalangan kepala sekolah, terutama di tingkat SMA. Persiapan lebih dini menghadapi ujian tersebut sudah harus dilaksanakan agar hasil UN lebih baik.

“Kita ingatkan kepala sekolah, terutama SMA agar segera menyiapkan diri,” ungkapnya, Rabu (5/10).

Lontaran ini disampaikan pihaknya mengingat sejumlah sekolah di Kota Mataram dipastikan akan melaksanakan UN dengan sistem komputerisasi. Sistem ini lazim disebut dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Agar hasil maksimal, jelasnya, sekolah diminta menyiapkan siswa. Persiapan ini berupa mengenalkan lebih awal kepada siswa terkait tatacara pengoperasionalan alat-alat dan fasilitas yang akan digunakan saat ujian.

Katanya, sekolah harus lebih dini mengenalkan siswa untuk mengoperasionalkan komputer. Dengan pengenalan lebih awal, setidaknya tidak mengalami kendala yang cukup berarti kala ujian berlangsung.

Demi suksesnya pelaksanaan UNBK tahun ini, pihaknya memastikan akan turun ke sekolah-sekolah. Langkah ini dilakukan demi mengontrol proses pelaksanaan kesiapan masing-masing sekolah.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya tidak tahu persis apakah akan ada tambahan kuota sekolah yang akan melaksanakan ujian dengan sistem UNBK. Pihaknya sejauh ini masih menunggu informasi dari pusat. “Kita akan tunggu informasinya. Semoga ada penambahan kuota,” harapnya.  (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid