Dikbud Umumkan PPDB Jalur Prestasi dan Perpindahan Orang Tua

PPDB: Proses verifikasi dokumen pada pendaftaran PPDB online jalur prestasi di SMAN 1 Gerung, Kabupaten Lombok Barat. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB telah resmi mengumumkan siswa yang lulus melalui jalur prestasi dan perpindahan orang tua, dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021/2022. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran nomor 422.1/ 1815.UM.

“Proses pendaftaran PPDB jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua, telah dilakukan seleksi by sistem dengan mengacu pada Petunjuk Teknis PPDB SMA, SMK, dan SLB Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022 ,” kata Kadis Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd, Sabtu (19/6).

Dalam surat edaran tersebut, disampaikan seleksi dilakukan terhadap PPDB Jalur Prestasi Akademik (Nilai Raport), Non Akademik (Piagam/Sertifikat) serta Prestasi Keagamaan dengan hasil sebagaimana terlampir.

Selanjutnya agar diteruskan kepada calon peserta didik dan yang dinyatakan diterima untuk melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal. “Apabila tidak melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal, maka calon peserta didik tersebut, dianggap mengundurkan diri,” jelasnya.

BACA JUGA :  Program FANAL Tangkal Pengaruh Narkoba

Terpisah, Sekretaris PPDB NTB, Muhazam mengakui jumlah pendaftar untuk jalur perpindahan orang tua maupun prestasi akademik, non akademik, serta prestasi keagamaan se-NTB, jumlahnya 2.967 peserta. Dari jumlah tersebut, yang diterima ada sebanyak 1.575 peserta.

“Alhamdulillah, sesuai dengan jadwal yang telah kita tentukan. Pengumuman sudah bisa diakses melalui link https://ppdb.dikbud,ntbprov.go.id,” ungkapnya.

Menurutnya, dari jumlah pendaftar 2.967 peserta, yang diterima masing-masing rinciannya adalah perpindahan orang tua sebanyak 85 siswa, prestasi akademik 895 siswa, prestasi non akademik 416 siswa, jalur keagamaan yakni Islam 165 siswa, Hindu 5 siswa, Protestan 4 siswa, Katolik 2 siswa dan Buddha 3 siswa. “Pengumuman sesuai dengan jadwal tanggal 19 Juni 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran ulang mulai tanggal 21-22 Juni 2021,” jelasnya.

Untuk diketahui, jalur perpindahan orang tua dan prestasi sendiri telah dilaksanakan mulai tanggal 2-10 Juni melakukan pra pendaftaran. Selanjutnya tanggal 11-13 Juni melakukan verifikasi hasil pra pendaftaran, tanggal 14-16 Juni melakukan pendaftaran dan verifikasi sekolah, dan setelah itu seleksi by system.

BACA JUGA :  SMA 4 Praya Diduga Tidak Izinkan Murid Ikut UAS

Terpisah, Kepala SMAN 1 Gerung, Hj. Erni Zuhara, M.Pd mengaku jalur prestasi dan perpindahan orang tua sudah bisa diakses. “Kalau di sekolah hanya 39 siswa yang diterima melalui jalur perpindahan orang tua dan prestasi,” ucapnya.

Sementara untuk jalur perpindahan orang tua, di SMAN 1 Gerung hanya 1 siswa yang lulus. Hal ini karena hanya 1 peserta yang mendaftar. Kemudian untuk jalur prestasi akademik sudah terpenuhi, ada 19 siswa yang diterima, dan selanjutnya jalur non akademik ada 11 siswa, prestasi keagamaan seperti agama Islam (tahfiz) 6 siswa, prestasi agama Kristen 1 siswa, dan agama Budha 1 siswa. “Jadi total yang diterima di SMAN 1 Gerung sebanyak 39 siswa,” pungkasnya. (adi)