Dikbud NTB Pesimis Raih Hasil Maksimal LKS SMK 2018

LKS SMK 2018
PESERTA: Inilah salah satu peserta LKS SMK dari Kontingen Bali saat tiba SMPN 8 Mataram.

MATARAM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, H Muhammad Suruji menargetkan tim perwakilan SMK NTB bisa meraih lima besar di ajang lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2018 tingkat Nasional yang berlangsung di Lombok.

“Meski sulit, kita optimis bisa meraih lima besar hasil LKS SMK 2018 ,” kata Suruji, Selasa kemarin (8/5).

Berdasarkan pengalaman di tahun 2014 silam, perwakilan SMK NTB di ajang LKS SMK nasional meraih ranking tiga. Pengalaman tersebut, akan diulang kembali meski sangat sulit untuk merealisasikannya. Hanya saja, Dikbud NTB nampak pesimis mampu meraih hasil maksimal di ajang LKS SMK nasional tahun 2018 ini.

Menurutnya, dari beberapa pengalaman dan kualitas SMK di NTB yang sudah mampu bersaing secara nasional, maka begitua juga dengan pelaksanaan LKS SMK tahun 2018 ini untuk tampil tidak terlalu diragukan. Hanya saja, untuk meraih Ranking teratas pada LKS SMK ini masih belum bisa.

Lantaran jumlah mata lomba juga ditambah oleh panitia pusat menjadi 56. Karena itu, Dikbud NTB hanya bisa berharap dan menargetkan mampu mendapat lima besar. Terlebih lagi, banyak kompetensi keahlian yang dijadikan andalan, terutama yang berkaitan dengan pariwisata.

Sementara itu, Kasi Kurikulum Bidang SMK Dinas Dikbud NTB, H. Umar justru mengaku optimis dengan siswa peserta LKS SMK yang mewakili NTB, karena ada banyak mata lomba juga yang diandalkan.

Seperti pengalaman tahun 2014 silam, perwakilan SMK NTB mampu meraih ranking tiga nasional, karena ada sebagian kompetensi keahlian yang diandalkan. Dengan demikian, tahun ini juga tetap berharap bisa meraih lima besar dari 10 besar pada lomba yang diikutinya. “Siswa SMK NTB tidak kalah dengan peserta LKS SMK dari luar NTB,” ucapnya. (rie)