Dikbud NTB Masih Data SMA Ikut UNBK

Ilustrasi.

MATARAM—Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB terus melakukan pendataan terhadap SMA sederajat yang siap menggelar UN Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dikbud NTB, H Surya Bahari mengatakan, dari 160 SMA yang ada di NTB, Kota Mataram tercatat paling banyak siap mengikuti UNBK. “Pendataan yang kita lakukan ini tidka lain untuk mengetahui sejauh mana kesiapan masing-masing sekolah mengikuti UNBK,” ungkapnya, Senin (30/1).

[postingan number=3 tag=”unbk”]

Dalam proses pendataan tersebut, pihaknya mengaku sangat telitit terhadap kesiapan dan persiapan yang dilakukan setiap sekolah. Ini dilakukan karena pihaknya tidak ingin melihat ada sekolah yang menyatakan siap, tapi tidak didukung sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan.

Untuk memastikan kesiapan masing-masing sekolah, bebernya, pihaknya terus memantau persiapan yang dilakukan. Pihaknya tidak ingin sampai terjadi masalah di belakang hari lantaran tidak jeli menentukan sekolah yang siap melaksanakan UNBK.

Ditegaskan, pihaknya tidak ingin melihat sekolah hanya sekedar untuk gengsi-gengsian melaksanakan UNBK. Namun nyatanya, fasilitas pendukung masih belum memadai.

Terpisah, Kepala SMAN 4 Mataram, Hj. Suprapti mengatakan, tahun ini pihaknya sudah menyatakan siap menggunakan system UNBK. Kesiapannya ini didukung kelengkapan sarana dan fasilitas pendukung lainnya.

“Siswa kami juga sudah sangat siap karena rata-rata mereka bisa mengoperasikan komputer,” jelasnya.

Meski demikian, ia mengaku masih terdapat kekurangan fasilitas komputer. Namun itu dipastikan bisa diatasi dengan meminjam laptop siswa.

“Yang jelas kami akan menggunakan UNBK tahun ini," tutupnya. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid