Dikbud NTB Gelar Lomba Esai Kebangsaan

H Rusman
H Rusman.( IST/RADARLOMBOK)

MATARAM – Momen memperingati hari Pahlawan 10 November 2019 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB akan menggelar lomba menulis Esai Kebangsaan dengan tema “Belajar Dari Sang Tauladan”.

“Kita laksanakan lomba ini, ada nilai positif yang didapatkan. Apalagi menuliskan pelajaran dan praktik meneladani tokoh tauladan di NTB tentu sangat penting dilakukan oleh kalangan pelajar,” kata Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB H Rusman, Kamis (7/11).

Dikatakan Rusman Pahlawan asal NTB menjadi salah satu objek dalam lomba diantaranya, pertama Al-Maqhfulah Maulana Syeikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Selanjutnya topoh panutan di NTB lainnya, seperti TGH Muhammad Saleh Hambali, Laksamana Madya H Lalu Manambai Abdul Kadir, Sultan Muhammad Kaharuddin III, Sultan Muhammad Salahuddin dan Daeang Manasa.

Rusman juga menyampaikan bocoran untuk memperkaya dan refrensi peserta juga diperbolahkan dalam mengambil bahan tulisan menggali pengetahuan serta bahan bacaan dapat dilakukan dengan menemukan literaturnya, baik malalui Perpustakaan Daerah maupun di media elekronik (online) maupun media cetak.

“Kita juga mempebolehkan peserta melakukan dengan metode wawancara dengan sesepuh dan para sejarawan yang ada di daerah masing-masing dalam menggali informasi atas tokoh sekaligus Pahlawan yang menjadi objek tulisannya,”  kata Rusman.

Oleh sebab itu, Rusman berharap untuk menyukseskan kegiatan lomba tersebut, maka semua kepala sekolah dan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) agar memastikan keikutsertaan para pelajar dan santrinya. Hal ini sangat penting dalam menambah khasanah ilmu pengetahuan, baik dalam proses menulis karya maupun menggali informasi lebih dalam, tentang sejarah perjuangan para tokoh daerah yang patut ditauladani, sebagai generasi muda.

“Ini penting untuk diikuti oleh para pelajar dan santri kita, karena bagaimanapun jejak para pahlwan patut untuk ditauladani, apalagi dizaman saat ini. Karena kiprah para pahlawan sangat luar biasa untuk diikuti,” ucapnya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid