Dikbud NTB Diminta Segera Tunjuk Kepsek Definitif

M Yusuf (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM –  Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinis NTB M Yusuf meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB supaya segera menunjuk 9 kepala sekolah (kepsek) definitif yang selama ini masih lowong dan disi oleh pelaksana tugas (plt).

“Kita minta Dikbud NTB segera menunjuk kepsek definitif yang masih di jabat Plt,” kata M Yusuf kepada Radar Lombok, kemarin.

Yusuf menyebut sebanyak sembilan kepala sekolah yang masih dijabat oleh Plt untuk jenjang SMA, SMK dan SLB se-NTB.  semestinya, sembilan kepsek yang dijabat oleh plt itu segera ditunjuk kepsek definitif agar bisa melaksanakan tugasnya dengan sempurna.

“Kan sudah banyak yang di Diklat oleh Dikbud NTB untuk calon kepala sekolah (cakep). Makanya kita minta supaya untuk ditunjuk kepsek definitif,” ujarnya.

Dikatakan Yusuf,  dengan banyaknya cakep untuk jenjang SMA, SMK dan SLB ini tentunya Dikbud NTB cukup memasang siapa yang layak untuk mengisi jabatan tersebut. Artinya ada skala prioritas seperti mereka yang usianya lebih tua didahulukan dan yang masih muda nanti bisa belakangan.

“Usia menjadi pertimbangan, karena jika sudah lewat usia nantinya tidak bisa diangkat. Hal ini sesuai dengan regulasi,” jelasnya.

Menurutnya, jika masih jabat oleh plt secara otomatis tidak leluasa mengelola sekolah dan kebijakannya juga terbatas. Hal ini, juga menjadi pertimbangan pihak Dikbud NTB untuk segera menunjuk kepsek definitif untuk sekolah yang masih dijabat oleh plt.

Menurutnya, posisi kepala sekolah sangat menentukan sekali, karena posisinya menetukan proses pendidikan di sekolah. Oleh karena itu pemilihannya tidak karena faktor kedekatan. Sebab kepala sekolah itu sangat menentukan  untuk kemajuan dunia pendidikan khususnya yang dipimpin.

“Jangan sampai cerdas guru dari pada kepala sekolah,” tandasnya. (adi)