Dikbud Lotim Siapkan Sekolah Rujukan

Jujuk Ferdinanto
Jujuk Ferdinanto (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)  Kabupaten Lombok Timur mulai mengembangkan sekolah rujukan di setiap kecamatan untuk tingakat SD dan SMP.

Program ini ditujukan untuk mengembalikan kembali sekolah unggulan yang ada di tingkat kecamatan.  “Selama ini yang menjadi sekolah rujukan hanya satu di kabupaten Lombok Timur yaitu  SMPN 1 Selong saja,”ungkap Sekretaris Dikbud Lotim Jujuk Ferdinanto, Rabu kemarin (19/4).

Dikatakannya,  tim sudah dibentuk untuk mencari sekolah yang akan dijadikan sekolah rujukan di masing – masing kecamatan.  Kriteria sekolah rujukan itu harus memiliki peringkat yang lebih baik dari sekolah lain. Fasilitas sekolah memadai dan yang penting juga  tingkat komunikasi antara sekolah dengan masyarakat dan komite.

Salah satu yang memungkinkan  dijadikan sekolah rujukan ini yakni sekolah melaksanakan UNBK.

Tahun ini yang mengikuti UNBK baik sekolah negeri maupun swasta sebanyak 19 sekolah  di Lombok Timur.”Tujuan kita buat sekolah rujukan ini agar meningkatkan mutu layanan dan bagaimana meningkatkan kualitas dari memeratakan mutu pendidikan dari semua kecamatan,”terangnya.

Dengan adanya sekolah rujukan ini nantinya akan menjadi  barometer peningakatan mutu pendidikan  di masing-masing kecamatan ini. Keberadaan sekolah ini juga bisa menjadi contoh sekolah lain dalam meningkatkan mutunya.

“Saya rasa saat ini mutu semua guru sudah baik, hanya saja yang perlu ditingkatkan mutu dari siswa itu sendiri,”ujarnya.(cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid