Dikbud Launching Gerakan Literasi Sekolah

LITERASI : Sekretaris Dikbud Lobar Hendra bersama Pelaksana Tugas Kepala SMAN 1 Gunung Sari Maad Adnan menyerahkan buku panduan saat launching gerakan literasi sekolah (Dok/RADAR LOMBOK )

GIRI MENANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Barat melaunching gerakan literasi sekolah (GLS) di SMAN 1 Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari, Sabtu (1/10) lalu. Gerakan ini akan diterapkan di semua sekolah sebagai salah satu upaya untuk kembali meningkatkan gairah membaca di kalangan pelajar.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat, Hendra menyampaikan, gerakan literasi sekolah ini sangat bermanfaat karena membaca buku sebagai salah satu jendela untuk mengetahui dunia. “ Gerakan ini jangan hanya sekedar seremonial. Setelah itu semuanya harus bisa dipraktikkan,” harapnya.

Menurutnya, gerakan literasi itu bukan saja berkutat soal membaca buku, tapi juga warga bisa menganalisa, berdiskusi, dan menulis. Apalagi kondisi Indonesia saat ini berada pada urutan ke 64 kategori minim membaca. Kunci kesusksesan itu harus memperbanyak membaca, dari apa yang dibaca maka bisa melaksanakanannya menuju perubahan di masa depan. “Khusus kepada anak-anak yang masih sekolah harus memperbanyak baca, jangan hanya memanfaatkan internet untuk facebook saja,” ungkapnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala SMAN 1 Gunung Sari Maad Adnan menyatakan, gerakan ini perlu digalakkan karena dari hasil penelitian salah satu lembaga internasional, posisi Indonesia berada di peringkat ke 64 untuk indeks minat membaca. Permasalahan Indonesia saat ini semangat indeks membaca buruk.

Di Indonesia, daerah yang ditunjuk melaunching gerakan ini ada 102 daerah, termasuk NTB dengan menunjuk dua sekolah pilot yakni SMAN 1 Gunung Sari dan SMAN 3 Sumbawa.

Atas kepercayaan ini pihaknya berkomitmen menyukseskan gerakan ini agar bisa dicontoh oleh sekolah lain di Indonesia. Pada saat ini pihaknya telah mengajak 5 sekolah untuk melihat gerakan ini untuk dicontoh.

Dijelaskan, sebelum pelaksanaan gerakan literasi ini, SMAN 1 Gunung Sari telah melaksanakan gerakan meningkatkan minat baca. “ Kami menyediakan taman literasi dan berugaq baca yang ada fasilitas wifi-nya,” pungkasnya.

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid