Dikbud Gelar Bedah Buku

Dikbud Gelar Bedah Buku
BEDAH BUKU: Inilah suasana bedah buku yang dilaksanakan Dibud Lotim. (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG – Dinas pendidikan Kabupaten Lombok Timur mengadakan bedah buku di Kantor Unit Pendidikan dan Kebudyaan (Dikbud) Cabang Terara, Sabtu (6/5).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur, Jujuk Ferdianto menjelaskan, buku yang dibedah merupakan berjudul Kajian Penelitian Pendidikan. Buku ini ditulisalah satu peserta yang pernah diberikan pelatihan selama 6 bulan secara kontinu.

“Bedah buku ini baru dilakukan oleh dua kecamatan di Lombok Timur, yang mana kecamatan Sambelia dan Kecamatan Terara,” ungkapnya.

Dijelaskannya, buku yang berhasil diterbitkan Dr Fahrurrozi dan editornya Dr jujuk Ferdinanto dan Lalu Murdi ini untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat guru yang disebut penilaian kinerja berkelanjutan. “Buku ini telah memiliki ISBN dan jurnal proceding di Sambelia dan memiliki ISSN. Sehingga layak untuk dijadikan bahan kenaikan pangkat guru,” terangnya.

Kegiatan bedah buku merupakan kegiatan swadana dan inisiatif dari guru dalam memanfaatkan dana sertifikasi yang diperolehnya. Yang mana buku yang berjudul “Kajian Penelitian Pendidikan” merupakan karya beberapa penulis.

Sementara itu, kepala UPTD Dikbud Terara, H,Safii mengatakan, buku yang dibedah merupakan buku yang sudah mendapatkan ISBN dan diakui. Diharapkan kedepan akan banyak lagi buku-buku yang terkait dengan bahan ajar.

Dalam buku tersebut, jelasnya, berisi tentang penilaian, tindakan yang berada di sekitar kecamatan terara yang berhasil ditulis oleh 13 orang. “Jadi 13 penulis ini merupakan guru di usia senja di mana ada yang tinggal 4 bulan akan pensiun namun tetap bersemangat menulis buku,” tandasnya. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid