Diganti Kardus, KPU Lotim Lelang Kotak Suara Alumunium

Ilustrasi Kotak Suara
Ilustrasi Kotak Suara

SELONG – Dengan digantinya kotak kotak suara yang dibuat oleh aluminium yang diganti dengan kotak suara berbahan kardus, kotak suara aluminium akan dilelang KPU.

Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur  M Saleh mengungkapkan, seluruh kotak suara dari bahan alumunium itu akan dilelang. Pelelangan dilakukan setalah adanya izin dari pihak KPU RI, karena dengan dibuatnya dari aluminium, KPU tidak pernah mendapatkan WTP karena tidak pernah terjadi siknron. “Kita tidak bisa sinkron karena banyak yang hilang, dan soal penyimpanan juga kita butuh biaya,” katanya.

Kotak suara yang berbahan alumunium akan diganti dengan kotak suara yang berbahan kardus. Kotak suara transparan berbahan kardus yang akan digunakan pada Pemilu 2019 mendatang, sejatinya tak sepenuhnya transparan. Dan kotak kardus yang akan digunakan ini hanya bersifat sekali pakai.

BACA JUGA: Relawan AR Fokus Menangkan Jokowi di Pulau Sumbawa

Dalam pelelangan nanti, katanya, yang akan melakukan proses lelang adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Untuk itu, hingga saat ini kita masih menunggu jadwal kapan waktu pelelangan. “Yang akan dilelang ini hanya kotak suara saja, sementara bilik kita masih mempunyai yang lama, dan akan kita gunakan itu nanti,” katanya.

Kotak suara yang akan digunakan ini sudah diterima. Kotak suara yang digunakan ini tentunya sudah sesuai dengan standarisasi. Yang tentunya kotak suara kardus ini sudah tahan air karena sudah dilapisi dengan anti air. “Jadi meskipun terkena air, saya yakin ini tidak akan tembus, karena sudah ada lapisnya,” jelasnya.

BACA JUGA: Tak Maksimal Menangkan Prabowo, Caleg Gerindra Bakal Disanksi

Dengan melihat wilayah Lombok Timur yang hanya berada daratan semua kecuali pulau Maringkik yang dilewati menggunakan perahu, tentunya tidak akan terlalu dikawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga pada saat pendistribusian tidak akan terjadi halangan. “Khusus yang di pulau Maringkik, nanti kita siapkan kantong plastik besar untuk membawa kotak suara, agar tidak terkena air pada saat mau didistribusikan, apalagi pada bulan April itu sedang musim hujan hujan,” kata Saleh. (wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut