Diduga Tak Pilih Zulhas, Lima Ketua DPD PAN Dicopot

Diduga Tak Pilih Zulhas
Baliho Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua DPW PAN NTB Muazzim Akbar terpasang di depan Kantor DPW PAN NTB di Jalan Bung Karno, Mataram. Hal ini untuk mempertegas bahwa PAN se-NTB mendukung Zulkifli Hasan di Kongres PAN. Namun diduga ada lima Ketua DPD PAN kabupaten/kota yang membelot sehingga berakhir dengan pencopotan.(AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–DPW PAN NTB mencopot lima Ketua DPD PAN kabupaten/kota. Bahkan sudah ditunjuk pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD PAN kabupaten/kota. Dan hal ini dibenarkan oleh Sekretaris DPW PAN NTB Hasbullah Muis. “Iya benar. Ada pergantian lima ketua DPD kabupaten/kota,” jelasnya, Selasa (25/2) kemarin.

Adapun lima Ketua DPD PAN kabupaten/kota yang dicopot antara lain Ketua DPD PAN Kota Mataram Lalu Irwan, Ketua DPD PAN Loteng Lalu Teguh Juangsa Putra, Ketua DPD PAN Sumbawa Burhanuddin Jafar Salam, Ketua DPD PAN Kabupaten Lotim Eva Zainora, dan Ketua DPD PAN Dompu Yuliadi.

Selanjutnya, Plt Ketua DPD PAN Kota Mataram M. Saleh Basir, Plt Ketua DPD PAN Loteng Lalu Musa, Plt Ketua DPD PAN Sumbawa Muhammad Jabir, Plt Ketua DPD PAN Lotim Saefuddin Zuhri, dan Plt Ketua DPD PAN Dompu Saipul Ihsan. “Sudah ada ketua Plt ditunjuk di lima kabupaten kota,” ujar Ketua Fraksi PAN DPRD NTB ini

Soal alasan pencopotan, Hasbullah enggan berkomentar. “Soal alasan kenapa diganti, nanti ada waktu yang tepat untuk kita sampaikan. Ini demi jaga kondusivitas partai,” terangnya.

Namun informasi yang diserap Radar Lombok menyebutkan, pencopotan lima Ketua DPD PAN kabupaten/kota itu lantaran tidak memilih Zulkifli Hasan (Zulhas) di Kongres PAN, baru-baru ini. Dan Zulhas di Kongres PAN, kembali terpilih menjadi Ketua Umum PAN. Mereka yang dicopot kabarnya memilih Mulcfahri, rival politik Zulhas di kongres. Padahal sebelumnya DPW PAN NTB bersama 10 DPD kabupaten/kota sudah ada komitmen mendukung dan memilih Zulhas di kongres. “Soal alasan belum bisa kita sampaikan,” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD NTB dari PAN Saefuddin Zuhri membenarkan dirinya sudah ditunjuk oleh DPW PAN NTB sebagai Plt Ketua DPD PAN Lotim. “Iya. Saya ditunjuk jadi Plt ketua,” pungkasnya singkat. (yan)