Diduga Puntung Rokok, 25 Hektare Kawasan Malimbu Terbakar

Wisata Malimbu
IST FOR RADAR LOMBOK Kebakaran di Kawasan Wisata Malimbu, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Minggu (18/8).

TANJUNG–Sekitar 25 hektare lahan perkebunan milik warga di Dusun Pandanan dan Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU) atau di Kawasan Wisata Malimbu terbakar sekitar pukul 14.00 WITA, Minggu (18/8).

Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan ke semak belukar yang mengering di sekitar lokasi. “Api pertama kali menyala sekitar pukul 14.00 WITA, sampai sekarang masih menyala belum bisa dipadamkan. Yang menyebabkan lahan terbakar kurang lebih sekitar 25 hektare,” ungkap Kades Malaka, H Ichwanudin kepada Radar Lombok.

Api diketahui pertama kali muncul di pinggir jalan raya Malimbu. Kemudian menjalar cepat ke bukit antara Pandanan dan Nipah. Kencangnya angin membuat api menjalar cepat. “Sampai malam ini api masih menyala dan Damkar KLU dibantu Polda NTB dan Damkar Kota Mataram di lokasi tapi api belum bisa dipadamkan sampai saat ini,” terangnya saat dihubungi sekitar pukul 22.30 WITA.

Kondisi ini membuat warga sekitar resah dan siap siaga dengan air, bilamana api menjalar ke permukiman warga.

Kepala Pelaksana BPBD KLU, Muhadi ikut turun memadamkan api. Petugas Damkar kata dia, sudah turun mulai Minggu siang untuk pemadaman. Namun api sulit dipadamkan, karena luasnya area kebakaran. Ditambah dengan minimnya armada. “Punya daerah hanya satu yang menyiram ke lokasi kebakaran, sementara yang lainnya bersifat menyuplai air,” ungkapnya.

Kapolsek Pemenang, AKP Amar Ma’ruf, S.IK membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Namun ia belum tahu penyebab kebakaran. Pihaknya akan melakukan penyelidikan terhadap hal itu.

Berdasarkan informasi di lapangan. Api di lokasi kebakaran Malimbu berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.50 WITA. Beruntung tidak ada satu pun korban jiwa. (flo)

Wisata Malimbu
Upaya petugas memadamkan kebakaran di Kawasan Wisata Malimbu, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Minggu (18/8).
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid