Dibuka Sekda, Peresean Jelantik Hujan Saweran

Peresen Jelantik
PERESEAN: Para pepadu andal asal Panji Kartike Darek Lombok Tengah saat bertarung dengan pepadu asal Desa Sesela Gunungsari Lombok Barat. (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Gelar peresean tarung pepadu ‘Ngamuk Ngase Bejambaran’ yang dihelat masyarakat Desa Jelantik Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah, berlangsung semarak, Rabu (13/2).

Pagelaran budaya itu dibuka langsung Sekda Lombok Tengah HM Nursiah. Dalam sambutannya, Nursiah mengapresiasi kreativitas masyarakat Desa Jelantik selama ini. Terutama peran penting Suhaimi selaku anggota DPRD Lombok Tengah, asal Desa Jelantik. Sejak dipercaya memegang jabatan sebagai wakil rakyat, Suhaimi yang memiliki banyak ide kreatif nyaris dari masyarakat.

BACA JUGA: Kades Ungga Disangka Adu Domba Warga

Suhaimi secara terus menerus membuat program bersama masyarakat. Mulai dari sarana dan prasarana olahraga. Kemudian kegiatan olahraga yang terus diselenggarakan tanpa jeda. Kemudian disambut lagi dengan peresean yang merupakan bagian budaya. ‘’Bahkan tanpa pernah diminta oleh pemda, Suhaimi selalu program yang momentumnya pas dengan program pemerintah daerah. Sekarang ini ada pagelaran peresean yang bertepatan dengan momentum Festival Bau Nyale,’’ kata Nursiah.

Dia berharap, pegelaran yang sifatnya membangun itu terus dapat dilaksanakan. Tak hanya di Desa Jelantik tapi juga desa-desa lainnya dan seluruh lapisan masyarakat Lombok Tengah. Sehingga pembangunan itu dapat dirasakan semua pihak. ‘’Seperti apa yang dilakukan Pak Suhaimi ini. Beliau tak hanya membangun Lombok Tengah, tapi manfaat pembangunan secara khusus dapat dirasakan masyarakat Desa Jelantik,’’ ujarnya.

Setelah memberikan sambutan, Nursiah kemudian membuka acara itu secara simbolis. Dalam kesempatan itu, ia memeragakan peresean bersama anggota Suhaimi selalu Pembina Pepadu Desa Jelantik. Pembukaan secara simbolis itu kemudian diikuti tarung dari para pepadu yang hadir.

Hari pertama kemarin menghadirkan grup pepadu Panji Kartike asal Desa Darek Kecamatan Prabarda Lombok Tengah. Pepadu andal ini berhadapan dengan pepadu asal Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat. Selanjut untuk hari kedua hari ini akan bertarung grup pepadu Patih Alkas Lombok Barat melawan pepadu dari Penginang Lombok Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. Hari ketiga akan berlaga grup pepadu dari Dewe Bangkol Lingsar Lombok Barat berhadapan dengan pepadu Tandok Bayu Sejagat Lombok Tengah.

BACA JUGA: Bupati Loteng Wacanakan Pinjam Utang Lagi

Hari keempat akan berhadapan pepadu dari Rajawali Sakti Kecamatan Pringgarata melawan Garuda Mataram. Kemudian hari terakhir akan bertarung pepadu andal Adi Luhung Lotim melawan pepadu dari Sayang-Sayang Kota Mataram.

Pada hari pertama kemarin, para pepadu dihujani uang saweran. Sekda Nursiah dan Suhaimi kompak memberikan saweran kepada setiap pepadu. Saweran itu kemudian dikuti penonton lainnya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid