Diberi Alquran, Tahanan Polres Lombok Utara Diajak Tobat

Waka Polres Lombok Utara Kompol Setia Wijatono, SH memberikan nasihat dan Alquran kepada para tahanan. (IST/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Waka Polres Lombok Utara Kompol Setia Wijatono, SH di dampingi Kabag Ren Polres Kompol Agus Dwi Ananto, SH dan Kasat Tahti Polres memberikan nasihat dan bimbingan kepada tahanan di Mapolres Lombok Utara, Senin (1/3/2021) pukul 13.00 WITA.

Pada kesempatan tersebut Waka Polres memberikan masing-masing satu Alquran kepada 3 perwakilan dari 21 tahanan muslim dari berbagai kasus kriminal yang mereka lakukan.

Ia meminta agar para tahanan ini mendekatkan diri kepada Allah dengan perbanyak ibadah dan setiap hari membaca Alquran. Tujuannya adalah untuk membersihkan penyakit hati sehingga mereka kembali menjadi manusia yang baik.

“Sesungguhnya hati ini bisa berkarat sebagai mana besi terkena air. Seorang sahabat bertanya, bagaimana cara menghilangkan karat tersebut, ya Rasulullah? Beliau menjawab perbanyak dzikir dan membaca Quran,” kata Waka Polres menyampaikan Hadits Baihaqi dari Abdullah Bin Umar kepada para tahanan dalam keterangan tertulisnya.

Waka Polres juga membacakan hadis (HR. Bukhari) yang mengatakan sebaik- baiknya kalian adalah yang mempelajari Alquran dan yang mengajarkanya.

Oleh karena itu lanjutnya, orang yang terbaik di dunia ini bukanlah orang-orang yang mempunyai derajat dan jabatan tinggi, bukan pula orang yang memiliki harta kekayaan yang berlebihan. Tetapi, orang terbaik di sisi Allah SWT adalah orang yang mau belajar Al-Quran dan mengajarkannya kepada orang lain.

Tak lupa di akhir acara, perwira menengah ini juga mengimbau kepada para tahanan agar tetap menjaga protokoler kesehatan dan menjaga kebersihan ruangan tahanan serta menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. (*/sal)