Dewan Pendidikan Setuju Calon Kasek Dites

H Adnan Muchsin (Nasri/Radar Lombok)

MATARAM—Wacana Pemerintah Kota Mataram terkait ujicoba kelayakan atau assessment calon kepala sekolah sangat disetujui Dewan Pendidikan setempat. Lewat ujicoba kepatutan diharapkan proses pendidikan di Kota Mataram berjalan lebih baik.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Mataram, H Adnan Muchsin mengatakan, pihaknya sangat setuju andai ujicoba kelayakan dan kepatutan dilakukan Pemkot. Langkah ini akan membuat atmosfer dunia pendidikan di Kota Mataram akan lebih menarik.

“Kita sepakat dengan wacana itu, tapi tidak berarti meragukan kemampuan Kasek. Sebaiknya kebijakan ini diterima positif demi perbaikan mutu pendidikan di Kota Mataram,” ungkapnya, senin (24/10).

Di lain sisi, kebijakan asesmen, jelasnya, tidak epas dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang relative rendah. Baginya, kebijakan ini sangat tepat di tengah krisisnya perkembangan pendidikan Ini mengingtatKasek dituntut memiliki berbagai ilmu demi sekolah yang akan dipimpinnya tidak melempem.

Pihaknya menegaskan, wacana asesmen yang digulirkan Pemkot Mataram ini diharap tidak sebatas wacana. Lebih dari itu, asesmen akan menjadi tindakan yang bisa direalisasikan.

Lewat tes tersebut, lanjutnya, kemampuan individu masing-masing calon Kasek akan terlihat. Namun demikian, jenis tes yang akan diberikan harus diberikan oleh Pemkot Mataram sendiri. (cr-rie)