Dewan Panggil Disnaker dan Pihak Transmart

KARYAWAN: Transmart Carrefour di Jalan Selaparang diminta memprioritaskan warga sekitar untuk dijadikan karyawannya (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Belum lama ini warga sekitar Transmart Carrefour memprotes Transmart yang dianggap tidak memberdayakan warga sekitar saat pengangkatan tenaga kerja. Terkait hal ini, Komisi IV DPRD Kota Mataram memanggil pihak Transmart dan pejabat Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram untuk mencari jalan keluar.

Pemanggilan ini berdasarkan aduan dari tiga kepala lingkungan sekitar seperti Lingkungan Negara Sakah, Lingkungan Sweta Timur dan Sweta Selatan. Mereka menyampaikan kekecewaan bahwa pekerja dari tiga lingkungan ini sangat sedikit yang direkrut.

Peretemuan berlangsung tertutup. Hadir perwakilan Transmart serta Kabid Hubungan Industri Disnaker Kota Mataram Kurnia S.sos.  Anggota dewan, Muhir, menyampaikan,  dari hasil pertemuan  sudah ada kesepatakan. Ada  tiga poin yang disepakatai bersama,  Transmart bersedia memprioritaskan warga sekitar sebagai karyawan mereka. Kesepakatan kedua, kata Muhir, ritel modern ternama itu juga akan menggunakan produk-produk UMKM lokal untuk dijual di tempatnya. Sebab hal ini juga akan membuka peluang pasar bagi banyak UMKM.

Untuk memastikan hasil kesepakatan berjalan sehingga tidak berubah di lapangan, dewan akan melakukan peninjauan langsung ke Transmart Carrefour dalam waktu dekat.

Sementara pekerja dari luar Kota Mataram yang akan diakomodir sebesar 4 persen. “ Semua perwakilan dari kecamatan harus diakomodir sesuai dengan visi-misi Wali Kota Mataram untuk mengentaskan pengangguran,” pungkasnya.

Anggota Komisi IV Lalu Suriadi menambahkan, pihak Transmart Carrefour jangan hanya mematok satu wilayah. Sementara wilayah lain tidak diakomodir seperti wilayah Kecamatan Sandubaya. “ Kita minta ada pemerataan, semua harus mendapatkan peluang kerja,’’ ucapnya.

Terpisah, Kabid Hubungan Indutri Disnaker Kota Mataram Kurnia menyampaikan, dari evaluasi selama ini pihak Transmart Carrefour hanya memberikan peluang pada wilayah kecamatan Cakranegara sampai pengangkatan 56 pegawai dari 200 yang diajukan pada tahap pertama. Sementara wilayah lain tidak mendapatkan tempat. Dari kesempatan bersama, dengan dewan dan Transmart Carrefour, pengangkatan pengawai akan dilakukan tahap dua. Serta jatah dari  lima kecamatan di Kota Mataram telah ditetapkan dari Kecamatan Sandubaya, Selaparang, Mataram, Ampenan dan Sandubaya. ‘’Sudah ada kesepakatan, nanti kita akan kawal,(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid